TPT Longsor, Tiga Makam Ambrol

Kabar17.com – Tiga makam yang ada di area pemakaman umum di Jl. Kosasih Rt.05/Rw.12 Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, ambrol akibat tergerus air yang membanjiri area pemakaman akibat hujan deras yang turun pada Minggu (11/11) sore kemarin.

Dari keterangan penjaga makam, Odoy, yang ditemui dilokasi pada Senin (12/11/18) pagi mengatakan, kejadian longsornya pinggiran tanah makam diketahui sekitar pukul 16.30 WIB. Hujan deras kemarin, membuat air naik hingga menutupi sebagian area makam. Akibatnya, ada tiga makam yang terdampak longsoran tanah.

Sementara, Lurah Cikaret, Saefudin mengatakan, dari laporan yang masuk kemarin malam, dari aparat wilayah telah berkoordinasi dengan ketua RT dan RW, BPBD Kota Bogor, Tagana dan pihak Kecamatan Bogor Selatan, untuk langsung turun ke lokasi pemakaman umum itu, untuk mencari jenazah yang hilang terbawa lonsor.

“Longsornya tanah diakibatkan karena Tembok Penahan Tanah (TPT) makam tergerus air. Biasanya air jarang membanjiri makam ini. Diduga, karena air dari atas deras sedangkan saluran disini kecil jadinya air masuk membanjiri makam. Diketahuinya sekitar pukul 16.30 WIB. Dari situ saya langsung berkoordinasi dengan pihak BPBD Kota Bogor, dan Tagana, untuk mengevakuasi jenazah yang makamnya ambrol. Ada tiga makam yang tergerus tanah akibat longsornya TPT itu,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dua jenazah dari tiga makam yang ambrol telah ditemukan dan diangkat dengan disaksikan langsung oleh pihak keluarganya. Pencarian dua jenazah pada makam yang terkena longsor tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dengan menurunkan 10 orang anggota PUPR Kota Bogor yang melakukan penggalian tanah.

Dikatakan oleh Ketua RW.12 Esma Subakti, tiga makam yang terkena longsor, semua jenazahnya sudah ditemukan. Jenazah pertama atas nama Alm. Giri ditemukan pada Minggu (11/11) sore sekitar pukul 19.00 WIB dan langsung dibawa ke rumah keluarganya, dan baru tadi pagi dimakamkan kembali sekitar jam 08.00 WIB.

Kemudian, jenazah kedua yang berhasil diketemukan atas nama Alm. Siti Romlah yang ditemukan pukul 10.50 WIB. Sedangkan jenazah ketiga atas nama Alm. Rohmat (Sugih) ditemukan 15 menit kemudian sekitar pukul 11.10 WIB. Atas permintaan keluarga, ketiga jenazah tersebut oleh pihak keluarganya digantikan kain kafannya dan dikuburkan kembali di pemakaman umum yang sama di wilayah Rt.05/Rw.12 Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan.

“Diketahuinya sekitar pukul 16.30 WIB. Dari situ saya langsung berkoordinasi dengan pihak kelurahan, BPBD Kota Bogor, dan Tagana, untuk mengevakuasi jenazah,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi longsor susulan, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak setempat agar segera dibuatkan kembali TPT makam dan saluran air agar pemakaman ini, tidak tergenang lagi. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*