TPID Kecamatan Tenjolaya Gelar BID

kabar17.com – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tenjolaya klaster VI mengadakan Bursa Inovasi Desa (BID). BID merupakan ajang bertukar pikiran, sharing dan berlomba dalam inovasi untuk desa. Di dalam BID desa-desa di suguhkan dengan inovasi-inovasi yang baru, kreatif dan inovatif, Rabu (07/8/2019)

Ketua TPID Kecamatan Tenjolaya M Nazili sekaligus ketua panitia BID mengatakan, inovasi baik di bidang infrastruktur, sumber daya manusia dan juga Ekonomi. Harapan nya agar dapat diambil oleh desa-desa dan dituangkan dalam APBDes desa dengan cara membuat kartu komitmen.

Selain itu juga dalam acara bursa ini, semua desa bisa mengangkat ide-ide yang telah dilakukan untuk dapat di expose dan di publikasikan dengan cara mengisi kartu IDE Inovasi, yang selanjutnya akan dibuatkan capturing atau video inovasi oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Lebih lanjut Nazili menyampaikan, dalam BID juga disiapkan kamar- kamar bursa dan kamar konsultasi yang di isi oleh tenaga-tenaga ahli atau juga pendamping desa. Disitu lah tempat kepala desa bisa bertanya dan menggali informasi dan pengetahuan tentang inovasi-inovasi yang ada dalam menu bursa inovasi.

Dirinya selaku ketua panitia bursa inovasi desa dengan jumlah 78 desa, dan semua panitia klaster VI semaksimal mungkin dalam acara BID kali ini. Ia dan juga kawan-kawan TPID yang lain mengharapkan ada output yang jelas buat desa pasca BID ini. Bahkan di hadirkan narasumber yakni, kepala desa Cisayong Yudi Cahyudin merupakan salah satu kades yang mendapatkan gelar kades terinovatif dengan membuat stadion skala internasional yaitu stadion “Sakti Lodaya”di desa Cisayong dikelola oleh Bumdes. Dan ia seorang motivator buat para kepala desa,” bebernya

Lanjut dirinya, mudah-mudahan dengan lahirnya program inovasi desa ini bisa menjawab, merubah, dan membantu desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor khususnya, bisa lebih kreatif dan inovatif lagi serta menggunakan dana desa jauh lebih baik lagi. Sehingga menjadikan desa-desa maju di semua bidang bisa mandiri dan sejahtera. (Yud)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*