TPID Kecamatan Tamansari Dan TPID Ciomas Gelar Pelatihan PSDM

kabar17.com – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tamansari dan Kecamatan Ciomas menggelar pelatihan pengembangan sumber daya manusia (PSDM) di aula Kecamatan Tamansari, Kamis (8/8/2019). Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan kegiatan Program Inovasi Desa (PID) yaitu peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kegiata pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari kamis hingga jumat besok.

Ketua TPID Kecamatan Tamansari Nanang Suryana mengatakan, kegiatan pelatihan sesuai dari PID, dengan tujuan untuk mengoptimalisasi dana desa. Karena saat ini program dari kementrian desa bahwa isu stunting harus betul-betul dianggap serius dan ditangani. Kegiatan PID tahun 2019 ada kegiatan yang terfokus yakni pelatihan dalam menangani serta pencegahan stunting,” terangnya

Lanjut Nanang menuturkan, adapun untuk para peserta pelatihan tersebut, sesuai intruksi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dalam hal ini TPID Kecamatan melayangkan surat kepada masing- masing desa agar mengirimkan dua perwakilan Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang sudah di SK kan di desa, diantaranya kader KPM kesehatan dan kader KPM pendidikan.

Lebih lanjut dirinya, enam bulan kedepan para kader KPM di setiap desa akan mendata para ibu hamil, anak balita di bawah umur lima tahun dan balita di bawah umur dua tahun. Ia berharap dengan diadakan pelatihan ini, agar ada data base atau data dasar yang menjadi indikator bahwa desa tersebut apakah termasuk dalam penanganan stunting maupun masuk dalam pencegahan atau desa terbebas dari stunting,” ungkapnya (Yud)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*