TMMD ke-104 Bantu Percepatan Pembangunan di Kabupaten Sukabumi

kabar17.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 resmi dibuka. Pembukaan TMMD ke-104, dilangsungkan di Lapangan Bola Desa Purwaseda Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/2/19) dengan dihadiri langsung oleh Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Dandim 0622 Kab. Sukabumi, Kapolres Sukabumi, para tokoh agama, adat, pemuda, dan masyarakat sekitar.

Adapun sasaran yang di ingin dicapai dalam kegiatan TMMD ke-104 ini, yakni meliputi pembangunan fisik dan non fisik di antaranya, pengaspalan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan gorong-gorong dan beberapa sasaran tambahan diantaranya penerangan jalan, pengadaan bibit lele dumbo, renovasi mushola, pembagian kitap suci Alquran, pembuatan E Ktp, pembuatan lapangan dan pembangunan MCK.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian dan pemerintahan daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Sesuai tema yang diusung yakni “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”, di harapkan tema ini, dapat dijadikan pendorong semangat untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” kata bupati saat membuka TMMD.

Bupati juga berharap kegiatan TMMD ke-104 di Kabupaten Sukabumi tahun 2019 dapat memperkokoh komitmen terhadap pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Sebagaimana visi pemerintah Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021 yaitu; terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri terutama dalam misi yang ke empat yaitu; optimalisasi pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

“Apresiasi kami kepada seluruh elemen masyarakat dan unsur lainnya terutama jajaran TNI, berkat program TMMD satu persatu pedesaan di Kabupaten Sukabumi merasakan manfaat dari sebuah pembangunan. Upaya tersebut tentunya dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat untuk menuju Sukabumi lebih baik,” ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, TNI dan masyarakat, sambungnya, hal itu, menjadi salah satu unsur pendorong utama dalam pencapaian pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi, sesuai dengan salah satu agenda prioritas nasional yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Untuk itu, melalui kegiatan TMMD ke 104 saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menunjukan partisipasinya sebagai agen perubahan sosial dan diharapkan pelaksanaan kegiatan bukan hanya menjadi kegiatan yang bersifat seremonial, tetapi benar-benar dapat dijalankan di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Sukabumi, sehingga hasilnya secara nyata dapat melestarikan kegotongroyongan masyarakat, sebagai jati diri Bangsa Indonesia yang berfalsafah Pancasila, untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Penrem 061/Sk)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*