Timses Ga Boleh Ketua RT RW

kabar17.com¬†–¬†Ketua Rukun Warga (RW) serta Rukun Tetangga (RT) dilarang menjadi tim sukses (timses) Pemilihan Legislatif (Pileg) ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bahkan, apabila RT dan RW menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) harus mengundurkan diri dari jabatannya. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor Yustinus Elyas Mau di Hotel Salak Heritage pada Senin (15/10/18).

Yustinus mengatakan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) yang sudah mengaturnya, bahwa RT dan RW tidak berpolitik pada Pileg dan Pilpres 2019, yang pasti orang yang digaji atau di biayai oleh negara tidak boleh berpolitik bahkan menjadi Caleg.

“Kalaupun terbukti mereka ikut berpolitik, yang bersangkutan harus mundur atau dicopot dari jabatannya. Kalaupun ada Caleg, wajib mengundurkan diri,” ungkap Yustinus.

Yustinus melanjutkan, sampai saat ini, Bawaslu Kota Bogor belum menemukan pelanggaran, masih dalam penataan. “Belum ada temuan, kami masih menatanya atau mendatanya dan mengingatkan mereka,” tambahnya.

Yustinus juga mengatakan, dirinya mengingatkan agar Caleg juga sebelum kegiatan melayangkan surat dan melapor dahulu ataupun meminta izin kepada pihak kepolisian. Karena kalau tidak lapor dahulu, bisa dibubarkan acaranya.

“Surat ke polisi bisa ditembuskan ke Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor. Yang bertanggung jawab dilapangan kan polisi, surat bisa dikirimkan ke Polresta Bogor Kota,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan (Aspem) Setdakot Bogor, Hanafi mengatakan, bahwa RT dan RW dilarang berpolitik, hal itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) no 77 tahun 2014 tentang Juklak Peraturan Daerah (Perda) no 11 tahun 2012 tentang pedoman pembentukan lembaga kemasyarakatan di kelurahan.

“Yang jelas mereka tidak diperbolehkan termasuk LPM serta BKM. Kalau berpolitik mereka harus mengundurkan diri, karena dana Bantuan Operasional (BOP) RT dan RW tetap turun selama dia menjabat,” pungkasnya. (fk)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*