Teu Hayang Rokok Festival

Kabar17.com – Dinas Kesehatan Kota Bogor menggelar acara #Teu Hayang Rokok festival di Taman Ekspresi, Sempur, Sabtu (24/11/18). Kegiatan dalam rangka mengkampayekan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) ini, ditandai dengan deklarasi “Smoke Free Generation” oleh ratusan pelajar dan komunitas se Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah mengatakan, kegiatan ini, adalah bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dimana, berdasarkan data di tahun 2016, dari 11 ribu siswa, 15 persennya siswa tersebut adalah perokok. Bahkan, angka itu bertambah setiap tahunnya seiring bertambahnya juga populasi penduduk di Kota Bogor.

“Sasaran kami di kegiatan ini, adalah generasi muda khususnya kalangan pelajar mulai tingkat SMP sd SMA,” kata Rubaeah.

Ia menerangkan, pelajar yang datang sebanyak 250 orang ditambah 150 orang dari komunitas, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. Gerakan #Teu Hayang Rokok ini, dimaksudkan untuk tidak menghisab rokok yang dimulai dari diri sendiri, dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sekitar. Intinya jangan mau tersentuh oleh rokok.

“Melihat masih tingginya angka perokok yang juga meracuni generasi muda, dengan ini, kami mengajak generasi muda untuk mengingatkan teman-teman seusianya tentang bahaya rokok. Jadi, mereka mendapat informasi tidak hanya dari industri rokok tapi langsung dari orang-orang terdekatnya,” tandasnya.

Sementara, mojang jajaka Duta Muda Sehat Kota Bogor 2018 terpilih, Talitha Rahmajodi dan Alam Abdul Malik menyampaikan bahwa Kota Bogor melarang dengan tegas terkait masalah rokok. Ini dibuktikan dengan adanya PERDA mengenai kawasan tanpa rokok. Walikota juga tadi menghimbau semua pihak dari pemerintah hingga warganya ikut serta menjaga generasi muda untuk tidak merokok.

“Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengkampayekan #Teu Hayang Rokok diantaranya melalui penyuluhan lewat media sosial, jejaring pertemanan dan komunitas. Kita menghimbau kepada generasi muda untuk stop merokok dari sekarang,” himbaunya.

“Jangan takut menegur orang-orang yang merokok khususnya di kawasan tanpa rokok. Pokoknya generasi sehat teu hayang ngarokok,” tambah Alam. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*