Terobosan Pemkot Bogor, Bayar PBB Lewat Bukalapak

kabar17.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan penandatanganan kerjasama dengan Bukalapak perihal pembayaran PBB lewat online. Penandatanganan dilakukan di Pedestrian SSA (Underpass Pedestrian KRB) pada Rabu (24/4/19) dengan disaksikan oleh Ka. Dishub, Ka. Sat Pol PP, Ka. Koperasi dan UKM, Plt. Ka Bapenda, Kabag Adekon dan Kerjasama, Kabag Humpro.

CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan, ini adalah kerjasama pertama di Indonesia antara Bukalapak dengan pemerintah kota. Kota Bogor menjadi kota pertama se Indonesia yang menerapkan pembayaran pajak secara online melalui Bukalapak.

“Hasil riset kita menunjukkan masyarakat memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk kemudahan berinteraksi dengan pemerintahan. Jadi, kita fasilitasi itu lewat Bukalapak. Kita coba membuat inovasi supaya masyarakat itu mudah. Saya sangat yakin jika masyarakat mendapat kemudahan maka kerja pemerintah pun jadi lebih efisien, efektif dan lebih cepat birokrasinya. Ini adalah misi kita, memudahkan masyarakat dan membantu pemerintah,” kata Zaky.

Ia mengharapkan, kerjasama ini, menjadi cikal bakal hubungan yang baik antara perusahan teknologi dengan pemerintah daerah dan menjadi inspirasi bagi kota lain agar memiliki semangat yang sama. Karena di negara lain juga terjadi kolaborasi antara perusahaan teknologi dengan pemerintah.

“Kami di Bukalapak sebagai perusahaan teknologi karya anak bangsa percaya bahwa teknologi itu, bisa memberikan kemudahan tidak hanya dalam hal berbelanja secara online. Tapi kedepan visi kita adalah teknologi bisa membantu pemerintahan lebih efesien salah satunya dengan pembayaran pajak yang lebih mudah. Dan kita memiliki tim khusus yang mengerjakan pemerintahan. Tim kita sudah siap dan senang banget diajak lari cepat lewat Bogor Berlarinya Kota Bogor,” ungkapnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menambahkan, target PBB terus ditingkatkan untuk pendapatan asli daerah. Caranya adalah dengan lebih agresif memudahkan warga. Dan Kota Bogor ini, merupakan kota pertama se Indonesia yang menerapkan pembayaran pajak secara online melalui Bukalapak.

“Dengan Bukalapak mudah-mudahan dapat memudahkan warga saat akan membayar pajak. Jadi, tidak perlu ke Bappeda. Setiap saat, kapan pun dan di mana pun warga bisa membayar lewat Hp melalui Bukalapak. Ini jadi lebih mengefesienkan waktu. Untuk bukti pembayarannya akan dikirim oleh Bukalapak lewat dua cara yakni masuk ke email atau bisa di download,” terangnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*