Tak Hanya Patungan Dari Warganya, Ternyata Malaysia Lakukan Hal Ini Untuk Melunasi Hutang Negara

Pasti Agan and Sista tau soal permasalahan Negara tetangga kita yaitu Malaysia. Nah Negara tersebut sedang dilanda krisis ekonomi dikarenakan kasus mega korupsi 1MDB (1 Malaysia Development Berhad) oleh Mantan PM nya sendiri yaitu Najib Razak. Utangnya pun menumpuk tajam sebasar 1 triliun Ringgit (3.500 triliun Rupiah).

1MDB adalah semacam BUMN yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak untuk menghimpun dana pembiayaan proyek infrastruktur Malaysia. Maka dari pada itu, seluruh warga Malaysia membuat gerakan aksi melunasi hutang dengan cara iuran serta patungan.

Nah dikarenakan masalah mega korupsi yang dilakukan Najib Rajak, PM Mahatir Muhammad sedang mencari solusi dan solusi agar malaysia terbebas akan hutangnya yang begitu besar. Solusinya adalah membuka rekening donasi bertajuk Hope Fund atau Tabungan Harapan Malaysia, yang penyumbangnya adalah seluruh rakyat Malaysia. Dan ada cara lain yang dilakukan oleh warga Malaysia untuk melunasi hutang-hutang negaranya, yaitu sbb :

1. Membatalkan 3 Mega Proyek dengan Cina

Utang Malaysia mencapai 1,087 triliun Ringgit, Jika dirupiahkan, angkanya mencapai Rp3.500 triliun. PM Mahathir Muhammad mungkin sedag pusing 7 keliling emoticon-Big Grinmelihat utang Negaranya yang begitu besar, apalagi rasionya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) lebih dari 60 persen. PM Mahathir Muhammad lantas membatalkan 3 mega proyek besar yang bekerja sama dengan Cina. Mega proyeknya sendiri menghabiskan dana sebanyak $22 miliar (Rp325,4 triliun). 3 mega proyeknya adalah jalur kereta api yang menghubungkan pesisir timur Malaysia ke Thailand Selatan dan Kuala Lumpur, serta dua jalur pipa gas, seperti yang dilansir dari grid.id.

2. Memangkas gaji para menteri Malaysia bahkan gaji para pejabat yang lain juga dipangkas.

Bayangin gan gaji sampe Menteri-menterinya dipotong untuk patungan membayar hutang Negaranya. Gajinya pun dipotong sebanyak 10%, namun untuk mereka yang berupah kecil hal ini tidak akan dilakukan. Tak hanya menteri para pejabat negaranya saja Raja Malaysia, Sultan Muhammad V meminta agar gaji dan tunjangannya dipotong 10 persen –sama seperti pejabat lain, hingga masa kekuasaannya berakhir. Patungan besar-besaran bree..

3. Bahkan Pembatalan ulang tahun Raja Malaysia 9 September mendatang

Ane salut sama negara ini mulai dari jajaran tertinggi dipemerintahan bahkan Raja Malaysianya sendiri rela membatalkan acara Open House pada idul fitri kemarin dan perayaan ulang tahunnya tidak dirayakan pada tanggal 9 september yang akan datang. Dan rencananya dana yang telah dipersiapkan akan disumbangkan kepada Tabungan Harapan Rakyat Malaysia.

Ternyata tidak hanya warganya saja melainkan dari jajaran pemerintahan bahkan Rajanya sekalipun memutuskan memotong sebagian gajinya. (Sumber – Kaskus)

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*