Sinergi Dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PLN UP3 Bogor Bebersih Sungai Ciliwung

kabar17.com – Aksi Bebersih Ciliwung yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada Minggu (23/6/19) berhasil menorehkan rekor nasional MURI dari aspek jumlah peserta terbanyak dan panjang sungai yang dibersihkan.

Bebersih tersebut dilakukan di 33 kecamatan yang meliputi 36 titik mulai dari lokasi Hulu di Cisarua Kabupaten Bogor hingga Pademangan di Jakarta Utara atau sepanjang 69.3 KM dari total panjang sungai 119 KM.

Salah satu peserta bebersih dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Bogor, Ruslan mengatakan, aksi ini, adalah bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 yang tidak hanya di Kota Bogor tapi juga kabupaten hingga Jakarta yang dilintasi oleh sungai Ciliwung yang memiliki panjang 119 KM dan 13 anak sungai.

“Jumlah peserta yang terlibat sebanyak 8.000 orang dari berbagai unsur pemerintah beserta mitranya, 33 kecamatan, 30 komunitas Pencinta Sungai Ciliwung, 21 perusahaan pendukung, pelajar, gerakan Pramuka dan masyarakat sekitar,” kata Ruslan yang menjabat sebagai Manager Keuangan SDM dan Administrasi di PLN UP3 Bogor saat di temui di salah satu titik bebersih di wilayah Sempur.

Ia menambahkan, tujuan aksi ini adalah untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga lingkungan serta sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dilakukan bersama sama dengan pemerintah dan masyarakat. Di samping itu, di pinggiran sungai ada banyak penduduk yang tinggal sehingga lewat kegiatan ini, ada interaksi secara langsung dengan masyarakat.

Dalan kegiatan bebersih sungai Ciliwung ini, lanjutnya, pihaknya menurunkan 176 orang dari PT PLN (Persero) UID Jabar, UID Jakarta Raya, UID Banten dan UIK Tanjung Jati B, UP3 Depok, UP3 Gunung Putri, UP3 Sukabumi, Bogor dan teman-teman mitra PLN yang lain termasuk dari PLN Pusat.

Lewat kegiatan ini, paling tidak bisa menambah motivasi masyarakat tidak hanya sekitar sungai, tetapi seluruh masyarakat Bogor dan yang lainnya agar lebih disiplin lagi dalam membuang sampah pada tempatnya bukan ke sungai.

“Kasihan warga yang tinggal di bantaran kali bila terdampak akibat kurang disiplinnya kita. Ini tentunya menjadi PR kita bersama. Karena itu, lewat kegiatan ini, kita bersinergi dengan kementerian lingkungan hidup, masyarakat dan seluruh komponen yang menjadi peserta bebersih Ciliwung,” pungkasnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*