Sepatu La’Forta Produk Kota Bogor Yang Merambah Pasar Luar Negeri

kabar17.com – La’Forsa Sheos brand sandal sepatu wanita yang berasal dari Kota Bogor kini merambah ke Belgia, Jerman hingga Amerika. La’Forsa yang berdiri sejak lima tahun lalu ini juga mempunyai 15 reseller di seluruh Indonesia yang diproduksi secara rumahan oleh Cynthia Clara dan suami Febi Forsa di jalan Sangga Buana, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

“Awalnya itu saya hobi koleksi sepatu dari mulai charles and keith, christian louboutin. Kenapa saya enggak buat sepatu sendiri, akhirnya saya dan suami mulai usaha membuat sepatu dan di jual ke teman, Alhamdulillah mereka suka dengan sepatu buatan saya,” ucap wanita yang biasa disapa Lala, Rabu (6/11/19).

Nama brand La’Forsa sendiri diambil dari perpaduan nama Lala dan Forsa. Selain itu, menurut Lala paling banyak dirinya memproduksi sepatu 70-100 pasang perminggu. “Produk La’Forsa dibuat dari bahan imitasi, kulit sintetis, hingga kulit ular phyton dan sapi. Kita menciptakan 10 model flat shoes hingga high heels karena model tersebut bisa dipakai sehari hari. Kita juga sudah mengeluarkan lebih dari 200 model,” katanya.

Untuk harga produk La’Forsa cukup terjangkau yakni untuk bahan sintetis mulai dari Rp. 80 – 250 ribu, sedangkan bahan dari kulit di banderol Rp. 400 ribu – 1,5 juta dan itu tergantung dengan model sepatu. “Alhamdulillah animo masyarakat terhadap sepatu La’Forsa cukup bagus karena sepatu kita bergaransi satu bulan, jika ada kendala di sepatu bisa kita tukar dengan sepatu baru,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan banyaknya produk buatan dari luar negeri sangat berpengaruh kepada produk buatan lokal, karena produk dari luar harga murah dan di produksi langsung dari mesin jadi ongkos produksinya lebih murah, tapi kalau produk lokal mengandalkan kualitas dan kepuasan konsumen.

“Dengan kualitas yang baik itulah produk La’Forsa bisa sampai ke Belgia, Jerman dan Amerika, mereka awalnya beli untuk di pakai sendiri karena mereka puas dengan kualitas La’Forsa jadi mereka jual lagi disana,” jelasnya.

Ia berharap kerajinan tangan asli Indonesia lebih di anggap oleh rakyat Indonesia sendiri, karena selama ini yang menghargai produk kerajinan tangan lokal itu malah orang asing daripada warganya sendiri. “Jadi mereka lebih memilih barang yang murah dibanding barang kerajinan tangan yang kualitasnya lebih bagus,” terangnya.

Jika ingin membeli atau melihat model La’Forsa bisa dilihat di Instagram @shoeslaforsa dan bisa datang langsung ke outlet di mall BTM lantai UG. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*