Sepanjang 2018, 1800 Siswa Kota Bogor Mendapatkan BSM

Kabar17.com – Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan pada Dinas Pendidikan Kota Bogor Jajang Koswara mengatakan sedikitnya 1.800 siswa Kota Bogor mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sepanjang 2018. Program tersebut diharapkan para anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu agar dapat terus bersekolah.

Ia menambahkan, penerima BSM di masa depan dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orang tuanya. Selain itu, pelaksanaan Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di Kabupaten/Kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

“Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan beasiswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi (beasiswa) mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa,” ungkap Jajang di sela rapat pembahasan BSM di Aula SMK PGRI 2, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Jumat (9/11/18).

Jajang meminta, kepada seluruh kepala sekolah untuk kembali mendata siswanya yang tidak mampu di sekolahnya masing-masing agar tepat sasaran.

“Dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran program sekolah,” jelasnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*