RSUD Bakal Bangun Gedung Empat Lantai Untuk Ruang Kelas III

kabar17.com – Semua perusahaan yang masuk empat besar dalam lelang proyek Pembangunan Gedung Perawatan Blok 3, pada RSUD Kota Bogor senilai 101 miliar, melakukan sanggahan pada Kamis (23/5/19) terhadap PT Trikencana Sakti Utama, yang menawar paket tersebut dengan harga penawaran Rp89.706.107.164,14,

Dari informasi yang dihimpun, perusahaan yang melakukan sanggah tersebut adalah PT PP Urban, PT MAM Energindo dan PT Modern Widya Tehnical. Bahkan, menurut kabar yang beredar, jika salah satu perusahaan yang melakukan sanggah tersebut menembuskan sanggahannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Saat dikonfirmasi, Kasubag Pembinaan Pengadaan Barang dan Jasa di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Bogor Dedi Rusmana membenarkan, jika ada perusahaan yang melakukan sanggah terhadap pemenang. Namun, untuk sanggahan yang ditembuskan ke KPK, dirinya belum mengetahui informasi tersebut.
Terpisah, pembangunan gedung perawatan baru akan dilaksanakan di RSUD Kota Bogor. Pembangunan yang dilaksanakan oleh PT. Trikencana Sakti Utama akan memiliki empat lantai yang dikhususkan bagi pasien kelas 3.
Humas RSUD Kota Bogor Taufik menuturkan, pembangunan gedung baru nanti semua ruangannya khusus untuk kelas 3. Bangunan dibagi menjadi 4 lantai dan ada apotik di lantai 1. “Lantai 1 ada ruang rawat inap dan apotik, untuk lantai 2, 3 dan 4 ruang rawat inap semua bagi kelas 3,” ujarnya.
Ia menjelaskan, untuk di lantai 1 terdapat sebanyak 60 bed atau tempat tidur bagi pasien, lantai 2, 3 dan 4 masing masing terdapat 68 bed. Jadi, total keseluruhan di empat lantai itu memiliki 264 bed atau tempat tidur. Setiap satu ruangan rawat inap akan terdapat 3 tempat tidur.
“Kami belum tahu konsep setiap ruangan pada bangunan baru nanti, apa mengikuti bangunan yang sudah lama atau berbeda. Tapi disetiap ruangan ada 3 tempat tidur berikut sejumlah fasilitas fasilitasnya,” jelasnya.
Untuk bangunan nanti, lanjut Taufik disetiap lantai memiliki luas lahan 1376 meter persegi, untuk mesin 190 meter persegi, ram 997 meter persegi, koor empat lantai 1440 meter persegi dan ruang mesin 190 meter persegi. “Pada empat lantai itupun terdapat lift khusus untuk membawa pasien dan untuk pengunjung,” tandasnya.
Sebelum ditetapkannya pemenang tender proyek pembangunan gedung perawatan baru, telah dipindahkan ruangan hasil perombakan perombakan pada ruang rapat inap. Pemindahan sudah dilaksanakan pada bangunan baru pada 10 Mei lalu.
Terkait pembangunan RSUD pada gedung yang baru, pembangunan harus selesai di akhir Desember 2019 dan kalau sampai tidak tepat waktu maka akan terkena finalti. (KY)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*