Ribuan Runner Profesional Bakal Ramaikan Bogor Half Marahon 2019

kabar17.com – Kota Bogor kembali akan menggelar event lari bergengsi yaitu Bogor Half Maraton (BHM) yang akan di gelar pada 25 Agustus 2019 mendatang di Kebun Raya Bogor (KRB) dengan di ikuti sekitar 3000 pelari.

Kategori jarak yang akan diperlombakan terdiri dari 5K, 10K dan tentunya jarak Half Marathon 21K, dan HM Relay. Pelari SK diharapkan finish dalam waktu 2 jam, 10K 2.5 jam dan 21K dalam waktu selambat-Iambatnya 4 jam dengan total hadiah sekitar Rp. 70 juta.

Ketua Pelaksana BHM, Abdul Wahab mengatakan, BHM adalah event yang lahir dari kerinduan para pelari di kota Bogor untuk merasakan lari HM di kota sendiri. Dari dasar inilah, beberapa pelari di Bogor dari komunitas berbeda-beda akhirnya memutuskan untuk membuat Bogor Half Marathon, dengan tema Run in Diversity.

“Run in Diversity mempunyai makna yang luas, dari lari kita semua menjadi sama, berlari menyatukan kita semua tanpa memandang latar belakang kita, dan juga ketika berlari di Bogor, pelari akan melewati berbagai macam ikon kota Bogor yang menggambarkan ragam budaya yang ada di kota ini,” ucap Abdul wahab saat press conference di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Sabtu (20/7/19).

Selain Bogor yang dikenal sebagai City of Runner lanjut Wahab Bogor juga sedang menggalakkan konsep eco friendly city, di mana pemakaian plastik sedang dikurangi.

“Seiring dengan konsep eco friendly city, Bogor Half Marathon juga mendukung dengan cara memakai bahan daur ulang sebagai komponen dari finisher tee mereka. Finisher tee adalah kaos yang akan didapatkan para pelari apabila berhasil menyelesaikan 21K dalam waktu yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Wahab menjelaskan, untuk mengikuti BHM peserta dikenakan biaya yaitu untuk 21K Rp.350 ribu, untuk 10K Rp. 250 ribu, 5K atau umum Rp. 200 ribu dan untuk pelajar kita tidak menargetkan apapun yang penting mereka bisa mendaftar sekitar Rp.100 ribu.

“Kebanyakan untuk komunitas kita kasih discount sampel 20 persen atau sekitar 1500 peserta dari komunitas. Selain jersey untuk 21K akan mendapatkan finisher tee dan medali,” terangnya.

Wahab menambahkan, yang unik dari event ini adalah BHM akan memperlombakan tingkat pelajar dari SD, SMP dan SMA di Kota Bogor. “Adik-adik pelajar akan berlomba di jarak 5K. Kategori ini diadakan untuk melatih dan melihat cikal bakal pelari-pelari andalan Kota Bogor. Adik-adik pelajar akan berlomba dengan sesama pelajar, tidak tergabung dengan kategori yang biasa,” ujar Wahab.

Sementara, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menuturkan, pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mendukung event BHM ini, sebab event tersebut diikuti 3000 atau 60 persen pesertanya dari luar Kota Bogor sehingga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor.

“Jadi, untuk PAD, konsep sport tourism, menuju city of Runners event ini sangat berarti. Event ini di ikuti oleh banyak Runners profesional, Runners elit di Indonesia,” kata Bima. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*