Ribuan Peserta Ikuti Lomba Gerak Jalan dan Senam Diabetes

Kabar17.com – Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia yang diadakan setiap tanggal 14 November, Persatuan Diabetes Indonesia bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengadakan lomba gerak jalan santai dan senam diabetes yang dilangsungkan di Kebun Raya Bogor, Jl. Ir. Haji Juanda, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (11/11/18).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Lindawati mengatakan, kegiatan ini, di ikuti oleh 5500 perserta dari wilayah Jabodetabek.

Ia menuturkan, Dinkes Kota Bogor sangat mendukung penuh kegiatan ini, karena Diabetes Melitus (DM) adalah salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) namun, terbanyak kedua setelah hipertens dengan jumlah 14.590 penderita di Kota Bogor.

Lindawati menjelaskan, 80 persen DM disebabkan oleh gaya hidup. Hal itu, bisa dicegah dan dikendalikan dengan cara aktivasi fisik rutin selama 150 menit perminggu atau 3-4 kali dalam seminggu dengan memperhatikan berat badan yang ideal dan pengaturan pola makan karbohidrat kompleks tinggi serat.

“Kurangi juga konsumsi Gula, Garam, Lemak (GGL), serta sebaiknya jangan merokok karena merokok bisa menyebabkan intoleransi glukosa dan memperberat komplikasi penyakit jantung serta pembuluh darah. Semua puskesmas yang tersebar dan 20 RS (Rumah Sakit) di Kota Bogor siap melayani dari faskes rujukan untuk pasien DM,” bebernya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*