Ratusan Rumah di Cipaku Porak Poranda

Kabar17.com – Terdata, sebanyak 770 rumah mengalami rusak berat dan ringan, serta kerusakan pada instalasi/kabel listrik di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, yang meliputi Kel. Cipaku, Kel.Batutulis, Kel.Pamoyanan dan Kel.Lawanggintung, akibat angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi pada Kamis (6/12/18) sore kemarin.

Pantauan di sekitaran Stasiun Batutulis, pada Jumat (7/12/18) pagi, warga tampak mengeluarkan barang-barang rumah tangganya serta mengeringkan pakaian hingga kasur yang dijemur diatas bantalan rel kereta api. Sebagian lagi membenarkan atap rumah yang rusak serta membersihkan material bangunan dan pohon yang memenuhi rumahnya.

Warga RT 3/8 Kelurahan Batutulis, Sam Soselisah (69) mengatakan, ia sedang mengevakuasi barang-barang yang ada di rumahnya.

“Rumah saya tingkat, asbes rumah saya rusak dan barang-barang yang ada di lantai atas basah semua. Saya sedang mengevakuasi barang yang bisa diselamatkan sekalian menjemur pakaian,” ucapnya, Jumat (7/12/18).

Warga lainnya, Elis Sabariah (42) juga melakukan hal yang sama. Ia sedang mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan. Namun, Elis mengaku bingung, sebab atap rumahnya sudah hancur semua.

“Sudah tidak bisa ditinggali rumah saya, soalnya asbes dan genteng rumah saya hancur semua. Saya masih bingung akan tinggal dimana nanti,” kata Elis.

Masih kata Elis, semalam ia beristirahat di rumah anaknya, di daerah Ciapus. Namun, ia merasa tidak enak bila terus menerus menumpang tinggal di rumah anak atau saudaranya.

Berikut rincian kerusakan berdasarkan data yang diperoleh dari jajaran Polsek Bogor Selatan.

rumah rusak :
Kelurahan Batutulis
– Rt.1 Rw.7 (rumah rusak 50)
– Rt.2 Rw.7 (rumah rusak 50)
– Rt.3 Rw.7 (rumah rusak 60, pohon tumbang 3)

Kelurahan Pamoyanan
– Rw.1, 7, 13, 14 (rumah rusak 300)

Kelurahan Cipaku
– Rt. 1 Rw 9 (rumah rusak 18, pohon tumbang 5)
– Rt.1 Rw.2 (rumah rusak 1)
– Rt.2 Rw.10 (rumah rusak 39)
– Rt.2 Rw.1 (rumah rusak 30)
– Rt.3 Rw.1 (rumah rusak 60)
– Rt.4 Rw.1 (rumah rusak 60)
– Rt.2 Rw.17 (rumah rusak 17, pohon tumbang 2)

Kelurahan Lawanggintung
– Rt.4 Rw.5 (rumah rusak 15, pohon tumbang 1)
– Rt.1, 2, 3, 4 Rw 8 (rumah rusak 70, pohon tumbang 9)

jumlah seluruh rumah yang rusak berjumlah 770 rumah dan 20 pohon tumbang. Kerusakan rumah pada umumnya rusak berat pada bagian atap rumah yang terbawa angin. Selain itu, kerusakan juga pada instalasi/kabel listrik. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*