Ratusan Anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor Adakan Jota Joti

kabar17.com – Kwartir cabang pramuka Kota Bogor dan ORARI melaksanakan Jamboree On The Air, Jamboree On The Internet (Joti-Joti). Kegiatan yang diikuti 210 anggota pramuka penggalang dan penegak tersebut berlangsung di kantor sekretariat ORARI Kota Bogor, Sabtu (19/10/19). Jota Joti merupakan kegiatan tahunan tingkat dunia dan merupakan kegiatan terbesar yang pernah dikelola oleh Organisasi Kepanduan Sedunia atau World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Anggota dewan penasehat Kak Rudi A Triyanto mengatakan, kegiatan ini rutin di laksanakan secara nasional dan internasional, yang setiap tahun diadakan oleh ORARI dan pramuka Kota Bogor. Dan kegiatan ini, dilaksanakan dari tanggal 18 Oktober 2019 sampai 20 Oktober. Selama ini sudah ke 82 Jota dan Joti ke 60. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa membuka wawasan anggota pramuka agar berkomunikasi dengan teman-teman yang ada di luar daerah, terutama seluruh Indonesia. Apalagi skype nya terbuka bisa berkomunikasi dengan luar negeri, sehingga dapat bertukar informasi dari gudep dan kwarcab.

Lebih lanjut Rudi menyampaikan, dari 210 peserta di bagi dua tahap secara bergantian. Jadi mereka tidak berkomunikasi melalui radio saja, akan tetapi di internet juga. Dan mereka diperkenalkan dengan kode morse. Kode morse pramuka berbeda dengan smafour, jadi dengan nada. Mulai dari nada pendek serta nada panjang. (Yudi)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*