Puluhan Warga Sirnagalih Terima Bantuan RTLH

kabar17.com – Sebanyak 12 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Sirnagalih Kecamatan Tamansari, mendapatkan anggaran secara stimulan untuk perbaikan dengan anggaran Rp 120 juta. Anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor.

PJS Kepala Desa Sirnagalih, Herman menuturkan, semoga dengan dibangun RTLH bisa meringankan beban warga berkaitan dengan rumah tidak layak huni yang memang membutuhkan.

“Dengan adanya bantuan pemda melalui desa bisa terlihat layak walaupun tidak sepenuhnya kita bantu anggarannya karena itu sudah ada plotan pemda, dengan anggaran 10 juta sudah di potong pajak. Ini cukup meringankan beban masyarakat bagi kategori rumah tidak layak huni,” paparnya

Lebih lanjut Herman menyampaikan, yang mendapatkan RTLH itu hasil survey dari Rt maupun Rw. Adapun pengajuan ke desa tahun anggaran 2018. Kemarin itu bisa di alokasikan langsung ke masing-masing penerima.

“Untuk rutilahu 1 desa 12 bantuan jadi kita bagi rata karena kita ada 12 Rw kita bagi rata. Berarti 1 Rw 1 unit. Itu di kampung Kiara Lawang Rw 1. Kita lihat dari data base sebanyak 115 unit. Untuk memilihnya 1 Rw 1 unit kita serahkan ke Rw masing-masing yang kondisi rumahnya harus di bangun buru-buru. Baru realisasi 12 unit,” terangnya

Untuk selanjutnya nanti 2020, pengajuannya di tahun 2019. Karena untuk 2020 nanti pihaknya belum tahu kuotanya berapa. Bantuannya 1 rumahnya 10 juta. Diberikan dalam bentuk material sesuai dengan kebutuhannya termasuk pekerjanya. (Yd)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*