Pemkot Bogor Luncurkan SiBadra, Aplikasi Aduan, Aspirasi Dan Saran

kabar17.com – Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SiBadra) pada Minggu (28/4/19) di Mall Botani Square, Kota Bogor.

Dalam sambutannya, WaliKota Bogor, Bima Arya menegaskan, bahwa Pemkot Bogor meluncurkan aplikasi Si Badra ini, untuk mempermudah warga dalam menyampaikan aduan, aspirasi dan saran kepaa pemerintah. Aplikasi ini, membuat pemerintah lebih memerintah dan pelayanan warga lebih melayani.

Ia juga meminta kepada seluruh dinas untuk tidak main-main. Karena seluruh warga Kota Bogor akan tahu dinas mana yang merespon dengan cepat dan dinas mana yang tidur.

“Sekarang warga bisa mengadu melalui aplikasi SiBadra. Warga juga bisa mengadukan hal-hal yang bersangkutan dengan hukum seperti pungutan liar (pungli), penganiayaan dan pelanggaran pelanggaran HAM lainnya,” ucap Bima.

Bima mengatakan, semua aduan atau aspirasi masyarakat akan langsung terkoneksi dengan dinas-dinas terkait.

“Oleh karena itu, dinas-dinas di Kota Bogor harus merespon dengan cepat. Jika dalam jangka waktu beberapa hari tidak direspon, semua aduan akan langsung masuk ke saya dan akan ada penindakan,” tegasnya.

Sementara itu, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi), Firdaus menuturkan, sebelum diluncurkan, aplikasi ini sudah dilakukan uji coba secara internal seperti verifikator dan lainnya termasuk uji coba secara eksternal.

“Aplikasi ini, adalah inovasi Pemkot Bogor yang ingin merespon semua aduan atau aspirasi dari masyarakat. Disamping untuk peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

Aplikasi ini juga sudah memiliki wadah regulasi yakni peraturan Walikota (Perwali) nomor 11 tahun 2011.

“Untuk sosialisasi aplikasi ini, sudah kita lakukan terus menerus ke masyarakat melalui kelompok informasi masyarakat yang ada di kelurahan-kelurahan serta sudah dilakukan juga sosialisasi di lingkungan ASN,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*