Pemdes Sukajaya Kembangkan Penggemukan Domba Melalui Bumdes

kabar17.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukajaya, Kecamatan Tamansari terfokus mengembangkan usaha berupa penggemukan domba dan Teras Sukajaya yang merupakan area berjualan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Anggaran sebesar Rp 100 juta, juga telah digelontorkan untuk pengembangan tersebut, Selasa (11/8/2019)

Pendamping Desa Kementrian Desa (Kemendes) Kecamatan Tamansari, Muhammad Sajidin mengatakan, untuk usaha yang dilakukan Bumdes juga telah berjalan. Untuk anggaran yang digelontorkan juga di alokasikan untuk kedua usaha tersebut. “Untuk Teras Sukajaya sudah berjalan di Kampung Sinarwagi, Desa Sukajaya, disana banyak hasil UMKM yang sudah dijajakan,“ ungkapnya Minggu (11/8) kemarin.

Ia mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukajaya beserta Bumdes Kabupaten Bogor juga telah memberikan penjelasan berkaitan dengan gambaran untuk menjalankan Bumdes terkait dengan pengelolaan keuangan maupun usaha yang dijalankan. “Ini kita jelaskan sebagai bahan pemantapan Bumdes Sukajaya untuk menjalankan kedua usaha yang diminati,“ bebernya

Aji sapaan akrabnya berharap, Bumdes Sukajaya yang sudah mau berkembang tersebut bisa memberikan semangat kepada warga untuk bisa membangun desa. Tak hanya itu, kata dia, Bumdes diharapkan bisa berjalan baik dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa. “Dari sini kita berupaya dimana usaha ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat, “tuturnya

Lebih lanjut, Aji mengungkapkan, kedepannya Bumdes se-Kecamatan Tamansari juga bisa berjalan dengan melihat Bumdes yang sudah menjalankan usaha. Artinya, Bumdes yang dikelola bisa membentuk desa mandiri di Kecamatan Tamansari. “Seluruh desa Kecamatan Tamansari sudah ada Bumdesnya, perdes maupun SK juga sudah dibentuk tahun 2018 untuk seluruh Bumdes se-Kecamatan Tamansari. Tapi saat ini baru beberapa desa saja yang berjalan usahanya,“ tandasnya (Yud)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*