Pemdes Sirnagalih Bentuk KRL

kabar17.com – Pemerintah Desa Sirnagalih Kecamatan Tamansari tengah melaksanakan pembentukan dan sosialisasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) melalui program pemberdayaan Desa yang berasal dari Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2019 di wilayah Kampung Kabandungan Rw 03. Kegiatan berlangsung di aula kantor Desa, Kamis (4/7/2019).

Kampung ramah lingkungan tidak hanya sifat warganya yang harus ramah, akan tetapi mulai ramah lingkungan dan menjaga kesehatan. Mulai dari diri sendiri maupun keluarga agar lingkungan terbebas dari sampah, dan hidup sehat.

Fasilitator lingkungan hidup Kecamatan Tamansari dan Tenjolaya, Ani Apriliyani mengatakan, adanya kampung ramah lingkungan agar terjaga dari sampah dengan melakukan pengolahan sampah.

Ani menambahkan, apabila kampung ramah lingkungan sudah berjalan dan semua sanitasi sudah terbaiki, pengolahan sampah terkendali, serta penghijaun. Melihat lingkungan yang bersih, hijau. Maka akan mendatangkan pariwisata yang datang ke kampung ramah lingkungan.

Sekertaris Desa Sirnagalih Andri Taufan menyampaikan, pada tahun 2018 sebelumnya sudah di bentuk KRL di Desa Sirnagalih di Rw 01. Namun penggiatnya kurang. “Jadi kami menempuh alternatif dengan membentuk KRL baru, yang kebetulan penggiatnya sangat semangat. Terutama Rt/Rw, Tokoh masyarakat sangat mengapresiasi dan mendukung sekali,” ujarnya

Lanjut Andri, maka dari itu pihaknya membentuk KRL baru. Pembentukan KRL baru di wilayah Rw 03 mencakup 4 Rt. Dirinya berharap dengan di bentuknya KRL menjadi contoh untuk Rw lain yang belum membentuk KRL baru setelah dibentuk sanitasi dan penataan lingkungan hidup. (YD)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*