Pemdes Sirnagalih Benahi Jaling

kabar17.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sirnagalih, Kecamatan Tamansari terfokus pekerjaan infrastruktur jalan lingkungan (Jaling). Rencanannya, dua Jaling yang terletak di Kampung Kabandungan Rw 08 dan Rw 10 akan segera dilakukan pengaspalan. Jumat (28/6/2019)

PJS Desa Sirnagalih, Herman mengatakan, untuk anggaran pengaspalan jalan bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar Rp 191 juta. “Untuk Jaling di Rw 08 volumenya 350 x 3 Centi. Kalau untuk Rw 10 volume jalannya 138 x 2 Centi. Jalan ini Hotmix. Sebagian anggaran akan dipergunakan untuk membentuk kampung ramah lingkungan di Rw 06,” terangnya

Ia mengatakan, pekerjaan tersebut seharusnya dilakukan seminggu sebelum lebaran 2019. Dan saat ini untuk pengaspalan sudah dimulai setelah dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat setempat. “Harusnya seminggu sebelum lebaran, tapi terbentur lebaran 2019, “jelasnya.

Berkaitan dengan pekerjaan, kata Dia, untuk jaling yang dibenahi sesuai dengan usulan yang di ajukan pada Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musrembang Desa (Musdes) baik secara luasan, lebar dan panjang jaling. “Pelaksanaannya dipastikan sesuai,“ tuturnya.

Kata dia, terkait pekerjaan Jaling, ditinjau dari aspek jumlah penduduk, lokasi jalan dan kondisi jalan tersebut . “Jaling itu dipakai banyak orang atau tidak, jalan itu hidup atau tidak,“ ungkapnya.

Herman mengaku, untuk pengucuran DD pada tahap pertama, kedua dan ketiga akan difokuskan kepada pengembangan infrastruktur maupun pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat (SDM). “Tahun 2019 DD akan fokus kesitu dulu. Terus kita berikan pelatihan SDM juga,” pungkasnya (Yd)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*