Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Kepsek SD

Kabar17.com – Sebanyak 50 orang kepala sekolah dasar negeri dan swasta se Kota Bogor mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah tingkat SD angkatan II tahun 2018 di SD Kesatuan, Komplek Pulo Armen, Jalan Padjajaran, Baranangsiang, Kota Bogor.

Kepala Bidang (kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Teti Heryati menyampaikan, pelatihan periode kedua ini, dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 7 – 9 November 2018.

Periode pertama telah dilakukan pada bulan Oktober lalu. Adapun pelatihan yang diberikan terkait 8 standar pendidikan. Namun, yang lebih ditekankan mengenai masalah manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini, adalah untuk melatih kepala sekolah sebagai manager di sekolah yang wajib menjaga sekolahnya itu, tetap kondusif antar guru dan warga sekolah. Ini yang harus di implementasikan oleh kepala sekolah,” jelasnya, Rabu (7/11/18).

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin yang membuka kegiatan pelatihan menuturkan, melihat perkembangan informasi yang terus bergulir dan perubahan yang setiap saat, karena itu, perlu ada penyegaran akan informasi baru, kebijakan baru atau cara-cara baru terkini untuk membantu para kepala sekolah mengelola sekolahnya.

“Intinya pelatihan ini, untuk mewujudkan generasi yang lebih baik, sehat, cageur, bageur, pinter. Caranya nanti disampaikan oleh narasumber. Tapi ada hal lain juga yang kita galakkan yakni membangun karakter lewat kehidupan sehari hari yang betul-betul dirasakan oleh mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan mutu kepala sekolah itu.

“Seluruh kepala sekolah se Kota Bogor harus mendapatkan pelatihan setiap tahunnya. Setelah pelatihan itu, kita pantau adakah perubahannya di sekolah,” ungkapnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*