Pawai 1 Juta Obor Meriahkan Tahun Baru Islam

kabar17.com – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, sejumlah Majelis ta’lim, Pondok Pesantren, Ormas Islam, dan masyarakat Kota Bogor melakukan aksi pawai 1 juta obor pada malam 1 Muharram, Senin (10/9/2018). Rute pawai dimulai dari bundaran Sukasari depan asrama Brimob menyusuri Jalan Tajur dan berakhir di Masjid Amaliyah Ciawi.

Ustad Asep Abdul Qodir selaku ketua pelaksana menyampaikan, pawai obor ini, diikuti ribuan umat muslim dari berbagai kalangan serta usia yang datang dari berbagai wilayah di Bogor, dan ini, sudah menjadi tradisi tahunan di Kota Bogor dalam memeriahkan awal tahun baru dalam kalender Islam.

“Tujuannya untuk menyambut serta memeriahkan tahun baru Islam. Kita sengaja mengajak segenap elemen dan unsur masyarakat agar tumbuh rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam,” kata Asep, saat ditemui di lokasi.

Sementara, Ikhsan selaku koordinator lapangan mengatakan, pawai obor berlangsung selepas salat Isya. Estimasi peserta yang ikut berjumlah 1000-1200 orang. Para pesertanya sebagian berkumpul di lapangan asrama Brimob, Sukasari, Bogor Selatan, sebagian lagi ada yang sudah menunggu di sekitaran Jalan Tajur.

“Acara ini, diinisiasi oleh berbagai ormas Islam, majelis ta’lim, dan pondok pesantren. Selain aksi pawai obor, para peserta juga membawa beberapa bendera sambil melantunkan shalawat yang terus dikumandangkan oleh para peserta pawai obor ini. Acara terakhir kami mengadakan Tausiyah di masjid Amaliyah Ciawi,” jelasnya.

Yudi, salah seorang peserta pawai mengaku senang berpawai obor. Bahkan, ia tak kuasa menahan haru melihat begitu banyak temannya yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Senang saja, bisa memeriahkan dan menyambut tahun baru Islam dan memperkuat Ukhuwah Islamiyyah,” ujar Yudi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*