Pasir Eurih Kembangkan Desa Wisata

kabar17.com – Kementrian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Universitas Budi Mulya (UBM) kembali menggalakan program pendampingan untuk meningkatkan potensi pariwisata di setiap wilayah Indonesia. Kali ini, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor menjadi salah satu wilayah yang dinilai berpotensi dalam pengembangan wisata, kaitannya dengan home stay maupun kuliner. Selasa (9/7/2019)

Ketua Desa Wisata Pasir Eurih, Deden Supandi mengatakan, Desa Pasir Eurih merupakan wilayah yang selalu mempertahankan kearifan lokal. Baik dari segi permainan tradisional, edukasi pertanian, perikanan hingga kerajinan tangan seperti produksi sepatu dan sandal.

Melihat potensi wisata yang ada, lanjut Deden, Pasir Eurih sendiri merupakan desa wisata tertua di Kabupaten Bogor. Kata dia, pada tahun 2019, kawasan Bumi Tegar Beriman memiliki 26 Desa Wisata dari empat desa yang ada. “Pasir Eurih Desa Wisata tertua yang memiliki ragam potensi wisata, “ungkapnya.

Dengan potensi yang ada, lanjut dia, Pasir Eurih saat ini menempati urutan ke 19 desa wisata di tingkat nasional. Sehingga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menganggarkan untuk pengembangan wisata pada tahun 2020, mendatang. “Desa wisata yang akan di anggarkan itu di Pasir Eurih dan Malasari, Kecamatan Nanggung. Kemungkinan tahun depan, “tuturnya.

Lebih lanjut, Deden menerangkan, pihaknya saat ini sedang terfokus dengan pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KSP) Tamansari. Artinya, tidak hanya Pasir Eurih saja yang menjadi desa wisata, melainkan seluruh desa di Kecamatan Tamansari. “Ada Desa Tamansari dan desa Sukajadi yang juga berpotensi dikembangkan sebagai desa wisata, “bebernya

Berkaitan dengan keterlibatan Pemerintah Kabupaten Bogor, Deden menerangkan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bogor selalu melakukan pembinaan secara rutin terhadap desa wisata dengan membuat inovasi dan pengembangan ekonomi kreatif (Ekraf). “Diharapkan melalui pendampingan bersama Kemenpar perekonomian masyarakat dapat lebih meningkat. Dan desa wisata semakin berkembang. Terlebih lagi pengrajin sepatu sandal Desa Pasir Eurih bisa menjadi paket wisata komplit, “pungkasnya (YD)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*