Pasar Gunung Batu Siap Pertahankan Adipura dan Menjadi Pasar Sehat

kabar17.com – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor mempersiapkan pasar Gunung Batu untuk kembali meraih gelar Adipura serta akan terus meningkatkan pasar agar bisa dikatakan pasar sehat.

Untuk merealisasikan hal tersebut, PD PPJ nantinya akan memperbaiki fisik gedung pasar didukung dengan penambahan fasilitas seperti ruang ibu menyusui, ruang ramah anak, titik-titik cuci tangan tanpa air serta kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) didalam gedung Pasar Gunung Batu.

Kepala Unit (Kanit) Pasar Gunung Batu, Iwan Arif Budiman mengatakan bahwa, pihaknya akan mempertahankan gelar Adipura juga meningkatkan pasar Gunung Batu menjadi pasar yang sehat. Hal tersebut sesuai instruksi Direksi PD PPJ yang menginginkan perbaikan gedung pasar serta penghijauan disemua unit pasar.

“Awalnya direksi menghimbau agar instalansi listrik di pasar-pasar nantinya menggunakan token/listrik prabayar. Rencana perbaikan potensi dan instalansi bertujuan untuk efisiensi serta keamanan dan kenyamanan. Dar situ terbesit pemikiran selain mempertahankan Adipura kami meningkatkan pasar Gunung Batu menjadi pasar sehat,” kata Iwan saat di temui di kantornya, Rabu (27/2/19) .

Demi kenyamanan pengunjung pasar wanita yang mempunyai anak bayi, lanjut Iwan Pasar Gunung Batu akan menyediakan ruang khusus untuk ibu menyusui bersebelahan dengan mushola, yaitu membagi menjadi dua bagian dengan ruang menyusui bagi pengunjung berikut ruang P3K.

“Itu dilakukan untuk mengoptimalkan semua potensi dan fungsi pasar dimasing-masing bagian agar menjadi nilai tambah untuk PD PPJ. Sehingga kategori pasar yang ramah ibu dan anak bisa juga menjadi pasar yang sehat,” ucapnya.

Iwan menuturkan, pasar Gunung Batu sudah mendapatkan penghargaan Adipura kebersihan pada tahun 2016, pihaknya pun akan berupaya memberikan yang terbaik. Dirinya dengan tim pasar Gunung Batu siap dengan program-program yang diberikan Direksi PD PPJ serta Pemerintah Kota Bogor, tetapi pastinya ada inovasi yang menarik guna mendongkrak nama pasar Gunung Batu.

“Tentunya tentang kebersihan, Pasar Gunung Batu sudah mempunyai rekord Adipura yang cukup baik, meski tetap konsisten harus memaksimalkan potensi khususnya promo dan juga iklan,” jelasnya.

Dengan program menuju pasar sehat, tentunya harus mempertahankan Adipura dahulu. Pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan ada beberapa hal yang dibahas yaitu pertama adalah harus bisa membangkitkan partisipasi masyarakat dan pedagang untuk hal kesehatan. Kedua Pasar harus ramah terhadap ibu hamil dan anak-anak, kemudian pasar sanitasinya serta drainase harus bagus.

“Beberapa hal itu untuk kenyamanan dan keamanan, termasuk hal lain dengan menempatkan empat tempat cuci tangan tanpa air yang tujuannya meminimalisir kuman dipasar agar tidak terbawa ke rumah. Terlebih nanti ada juga Kotak P3K mana kala ada kejadian orang jatuh atau terluka di pasar,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*