Paguyuban Warga Sukamulya Diresmikan

Kabar17.com – Warga Sukamulya, mendeklarasikan berdirinya Paguyuban Warga Sukamulya (PWS), Minggu (28/10/18). Deklarasi dibacakan dalam gelar acara kebudayaan Sunda Jawa Barat yang dilangsungkan di lapangan bundaran Sukamulya, RT 04/RW 05, Kecamatan Bogor Timur.

Deklarasi tersebut juga turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sahlan Rasyidi, unsur Muspika, Koramil, Polsek Bogor Timur, para kasepuhan serta para tokoh seniman dan budayawan Kota Bogor.

Ketua PWS, TB. Saefudin yang juga selaku ketua RW 05 Sukamulya, menjelaskan, paguyuban ini, dibangun untuk mengguyubkan warga Sukamulya. Awalnya, gagasan paguyuban ini, muncul dari obrolan santai dan diskusi bareng warga yang memiliki visi dan misi yang sama untuk menghidupkan kembali budaya Sunda di tengah masyarakat yang mulai ditinggalkan generasi muda.

“Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda kita deklarasikan Paguyuban Warga Sukamulya dengan tujuan mengguyubkan warga Sukamulya dengan merangkul anak-anak muda yang mau melestarikan bahasa daerah, permainan tradisional, dan kesenian tradisional Sunda. Jadi, untuk melestarikan budaya daerah, tidak selalu dengan cara menggelar acara-acara besar,” jelasnya.

Sementara, Kadisparbud Kota Bogor, Sahlan Rasyidi mengapresiasi gagasan paguyuban sebagai salah satu cara meningkatkan kebersamaan warga melalui nilai-nilai seni budaya Sunda.

“Ini sangat luar biasa. Apalagi paguyuban ini, mempunyai kegiatan ekonomi kreatif dengan membuat enggrang, pot bunga, gelas dari batok kelapa, dan masih banyak lagi. Kami dari Disparbud akan membantu mempromosikan usaha kreatif ini, melalui E Craft dan melakukan pembinaan agar paguyuban warga Sukamulya bisa melestarikan dan mengembangkan kesenian Sunda,” ungkapnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*