Ops Zebra Lodaya 2018 Segera Digelar

Kabar17.com –  Mulai tanggal 30 Oktober sd 12 November, Satuan Polisi Lalulintas Polresta Bogor Kota akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2018. Operasi akan dilakukan di beberapa titik jalan di Kota Bogor. Hal ini, disampaikan Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji.

“Selama dua pekan itu, Satlantas Polresta Bogor Kota akan melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2018. Operasi ini, serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Sasaran dari operasi ini, adalah pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas, seperti tidak memiliki SIM, tidak memiliki kelengkapan berkendara, tidak memiliki surat-surat kendaraan dan melanggar rambu lalu lintas,” jelasnya, Sabtu (27/10/18).

Bram menerangkan, untuk angka pelanggaran, kendaraan roda dua masih menempati posisi pertama karena jumlah pertumbuhan kendaraan roda dua selalu bertambah setiap tahunnya. Menurutnya, semakin banyak kendaraan, kemungkinan tingkat pelanggaran juga akan bertambah.

“Rata-rata pelanggaran paling banyak itu, sepeda motor. Pelanggarannya bervariasi mulai dari tidak pakai helm, tidak lengkap surat-surat kendaraanya, lalu pengendara di bawah umur sampai dengan pelanggaran yang disengaja seperti menerobos lampu merah, melanggar rambu, dan melebihi batas kecepatan,” bebernya.

Dalam operasi ini, sambung Bram, setiap pelanggar akan ditilang sesuai tingkat kesalahannya. Ini dilakukan supaya budaya tertib berlalu lintas semakin baik dan angka pelanggaran juga berkurang yang imbasnya juga mengurangi angka kecelakaan.

“Kita menghimbau kepada para pengendara agar tidak perlu khawatir dan resah. Operasi bukan untuk menakuti tapi untuk menertibkan yang belum tertib. Kalau pengendara tertib tidak akan ada masalah. Bagi yang belum melengkapi surat-suratnya silahkan mulai dari sekarang bebenah. Lengkapi diri dengan surat-surat, lengkapi kendaraan dengan perlengkapan standar dan berprilaku tertib berlalu lintas selama di jalan,” pesannya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*