Musrenbang Kecamatan Bogor Selatan Masih Dominan Pengajuan Fisik

kabar17.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah Forum Musyawarah Tahunan Para Pemangku kepentingan (Stakeholder) di kelurahan untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Yang hari dilaksanakan 6 Kelurahan dari 16 Kelurahan di Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dalam musrenbang kelurahan pemerintah kelurahan dan warga berembuk dalam menyusun program tahunan dikelurahan, musrenbang kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan program pembangunan diwilayah kelurahan baik yang ditangani secara swadaya melalui pos bantuan daerah menjadi bagian kerja SKPD kelurahan maupun diajukan ditangani melalui SKPD lain yang relevan dengan usulan yang ada.

Saat ditemui di Musrenbang Kelurahan Cikaret, Camat Bogor Selatan Atep Budiman mengungkapkan musrenbang ini untuk menyusun rencana kegiatan tahunan dengan mengacu dan memperhatikan pada rencana pembangunan jangka menengah keluraga (RPJM) yang telah disusun untuk 5 tahun ke depan.

Musrenbang kelurahan dalam forum dialogis antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari suatu persoalan kebijakan peraturan serta program pembangunan yang sedang direncanakan.

“Tujuan dilaksanaan musrenbang kelurahan yaitu menyepakati proritas kebutuhan dan kegiatan yang termasuk urusan pembangunan yang menjadi wewenang kelurahan dan menjadi bahan penyusunan rencana kerja SKPD terkait.

Proritas kegiatan pembangunan kelurahan yang akan dilaksanakan baik dari swadaya atau bantuan dana pemerintah seperti hari ini musrenbang di 6 kelurahan sudah berlangsung salah satunya kelurahan cikaret yang masih dominan Fisik tapi juga ada beberapa wilayah yang sudah masuk ke non Fisik yang saat ini kita gerak bersama kelurahan dan LPM,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua LPM Kelurahan Cikaret Arga Wiyansyah, mengungkapkan untuk diusulkan di musrendang hari ini kita fokus proritas yang utama ialah infrastruktur dibatas wilayah Tembok Penahan Tanah (TPT) yang memang sudah dikerjakan atau belum dikerjakan tetapi sudah terserap tapi yang urgenya itu yang belum dikerjakan dengan musrenbang ini kami berharap dalam hal ini LPM kelurahan cikaret mewakili masyarakat memohon kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, untuk menanggapi usulan usulan masyarakat cikaret,” harapnya. (MyM).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*