Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui KUBE

kabar17.com – Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan wadah masyarakat untuk melaksanakan usaha bersama secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat. Program yang digagas Kementerian Sosial (Kemensos) ini, salah satunya diterapkan di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, yakni KUBE di bidang peternakan kambing.

Pendamping KUBE, Hendibal mengatakan, prioritas KUBE di Desa Gunung Malang yakni pengembangan peternak kambing untuk memotivasi usaha ekonomi produktif yang di miliki masyarakat. Sejak terbentuk pada tahun 2017, ada 3 kelompok KUBE yaitu karya bersama, karya muda dan karya tunas berseri.

Hendi menyampaikan, pada tahun 2018, berkat pengajuan dari semua kelompok akhirnya dikucurkanlah anggaran untuk pengembangan KUBE sebesar Rp20 juta per kelompok. Yang terlibat dalam kelompok itu ada 30 orang yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT). “Jadi, orang yang bisa mengakses program ini sudah dinyatakan sebagai penerima program Kemensos,” bebernya, Jumat (6/9/2019).

Dirinya berharap dengan adanya kelompok usaha bersama ini, masyarakat bisa mandiri dengan pola kelompok bisa memacu gotong royong, dan kebersamaan. Dengan pola sentralistik pengembangan KUBE masyarakat bisa bersama-sama dalam satu kelompok untuk berdiskusi dan memecahkan masalah. Ini merupakan upaya dari semua kelompok yang memiliki komitmen, bahwa akan memiliki pendapatan tambahan di luar, misalnya para buruh tani. (Yud)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*