AFW Knife

Mengintip Pengrajin Pisau Adventure Di Bogor

kabar17.com – Afriana Wiradikarta, salah satu pengrajin pisau adventure yang beralamat di Bojong Pesantren Rt 01/03 No.22, Kelurahan Bojongkerta, Bogor Selatan. Kang Afri, sapaan akrabnya mengatakan, awalnya hanya iseng membuat pisau adventure karena kebutuhan, lalu diunggahnya di sosial media. Dari situ tak sedikit temannya yang minta dibuatkan.

“Saya iseng buat dengan peralatan seadanya, kalau pengetahuan membuat pisau adventure sudah sejak lama dimiliki, tinggal eksekusinya saja,” ucapnya saat ditemui di rumah tempat ia membuat pisau, Kamis (20/9/2018)

Afri menjelaskan, disamping multiguna, pisau adventure lebih spesifik penggunaannya. Dari segi bahan pun berbeda yakni menggunakan baja kualitas premium. Selain ragam jenis pisau adventure juga ada pisau dapur. Hasilnya tak bisa dipandang sebelah mata.

“Sengaja saya ngambil dari Jepang, Jerman juga Swedia, yang rekomendasinya bagus. Kebetulan ada teman yang menjual dengan eceran,” kata Afri yang hobi berpetualang, terutama naik gunung.

Lebih lanjut Afri mengatakan, semua logam pada umumnya bisa dibuat tajam. Poin utama dari produknya yang memiliki brand AFW Knife adalah keras juga kuat. Maka tak heran jika harga yang dipatok Afri cukup tinggi, namun sebanding dengan kualitas yang didapat. “Yang mempengaruhi harga itu dimensi, bahan juga desain. Mulai dari Rp100 ribu hingga di atas Rp 3 juta,” bebernya.

Menurut dia, bumbu utama mengapa pisau adventure buatannya begitu kuat, keras juga tajam ada pada proses hardening. Logam di pisau, kulitnya pada sarung dan kayu atau tulang pada desain menjadi patokan Afri dalam membuat pisau adventure. Berkat kualitasnya, pisau adventure Afri sudah melanglang buana hingga luar negeri salah satunya ke negara Swedia. “Karena dibuat masih menggunakan cara tradisional, untuk lama pembuatan bisa memakan waktu 3-4 hari,” ungkapnya. (yd)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*