Menaikkan Mutu Pendidikan dan Pengajaran, Kepala SMPN 4 Bogor: Kuncinya Kebersamaan Guru, Anak dan Orang Tua

kabar17.com – Memaknai momentum Hari Guru Nasional (HGN), Kepala SMPN 4 Bogor, Wawan berharap para guru lebih semangat lagi dalam mengajar dan terus meningkatkan kompetensinya sebagai pengajar. Menurutnya, profesi guru merupakan profesi mulia. Guru bisa membuat anak menjadi cerdas, karena guru juga bisa menciptakan generasi bangsa ini menjadi lebih baik.

“Dalam mendidik anak itu harus dengan hati dan ikhlas. Nah, di Hari Guru Nasional ini tentu menjadi momentum bagi para guru yang ikhlas mengabdi untuk mengajarkan anak-anak didiknya dari tidak bisa menjadi bisa dari bodoh menjadi pintar,” kata Wawan saat ditemui di kantornya pada Selasa (26/11/19) sore.

Bagi Wawan keteladanan guru itu bukan hanya mentransfer ilmu, tetapi memancing anak untuk kritis, memancing anak untuk berinovasi. Tujuannyakan mengarahkan anak bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Akhlak yang utama. Pintar pun kalau kepribadiannya lemah akan berat untuk kehidupan yang akan datang. Pintar harus, tapi akhlak karakter itu yang nomor satu.

Ia mengatakan, bahwa anak-anak sekarang itu pintar. Tetapi hal itu tergantung dimana guru mengarahkannya, mendidik, menyalurkan bakat anak didiknya. Dia mencontohkan, ketika melihat anak-anak di jalanan yang menggunakan peci dan sarung. Padahal anak-anak tersebut bukanlah santri melainkan anak yang putus sekolah. Melihat seperti itu, dirinya pun merasa sangat prihatin.

“Tujuan hakiki seorang guru adalah bukan hanya mentransfer ilmu tapi mendidik. Merubah prilaku yang seharinya kurang bagus menjadi bagus. Kuncinya itu kebersamaan guru, anak dan orang tua. Insya Allah kalau kita kompak semua pasti bisa diatasi,” ungkapnya.

Di Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 74 ini, Ia menaruh harapan kepada semua guru khususnya yang ada di SMPN 4 Bogor, bisa mempermudah hubungan guru dengan anak untuk memancing aktifitas anak, inovasi anak, kemudian harus solid antara guru dengan guru, guru dengan anak, dan guru dengan orang tua. Kalau sudah solid guru dengan orang tua, tidak sulit untuk mendidik anak. (MYM)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*