Lurah Sindangsari Bakal Sediakan Lahan TPS di Sekitar Bocimi

kabar17.com – Pihak Kelurahan Sindangsari terus memantau kebersihan lingkungan yang ada di wilayahnya. Salah satunya memantau keberadaan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah yang ada di sepanjang jalan Wangun sampai Ciawi yang masuk wilayah Kelurahan Sindangsari, Kamis (16/1/2020).

Dari pantauan tersebut didapati satu TPS sampah yang cukup memperihatinkan dengan sampah dibiarkan berserakan tepatnya di pinggir Jalan Raya Tajur di samping gang menuju SMK Wikrama Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor.

“Saat kita tinjau, masih ada sampah yang seharusnya dibuang ke dalam TPS. tapi justru dibuang di luar TPS,” terang Lurah Sindang Sari Eka Deri Rahmat Irawan, yang juga didampingi
Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Dimas Tiko Prahadisasongko yang turun ikut memantau TPS.

Dirinya pun sangat menyayangkan dengan masih adanya sampah dibuang di luar TPS, hal ini bukti kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang. “Kita tidak bisa menyalahkan siapa pun, dari diri kita sendirilah apakah bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan,” bebernya.

Menurutnya, inilah yang menjadi permasalahan TPS sampah, khususnya yang berada di tepi jalan jauh dari pengawasan sehingga warga seenaknya saja membuang sampah mau itu masuk atau tidak ke dalam bak TPS.

“Kita berinisiasi menyediakan lahan untuk Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di sekitar Bocimi.
Saat ini bersama Kabid persampahan meninjau TPS itu dan saya rasa sudah tidak refresentatif lagi, harus kita bongkar dan pindahkan. Alhamdulillah ada respon dari DLH, rencananya ditempat yang baru nanti akan difasilitasi kontainer sebagai tempat pembuangan sampah, dan itu sifatnya sementara,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Dimas Tiko Prahadisasongko mengungkapkan permasalahan sampah di Sindangsari itu memang harus segera ditindaklanjuti. Sebab, lokasinya berada di jalan protokol. Untuk itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para lurah yang ada di wilayah.

“Ini kita lakukan bertahap, kita evaluasi lah. Artinya permasalahan sampah ini bukan masalah yang mudah, tapi insyallah dengan kita lakukan bersama-sama, apalagi ini peran aktif dari teman-teman di wilayah (camat dan lurah) semangatnya sama maka permasalahan sampah akan teratasi,” ujarDimas. (MyM).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*