Lurah Pakuan Dukung DLH Kota Bogor Benahi TPS di Wilayah Pakuan

kabar17.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, terjun langsung ke lapangan guna meninjau tempat pembuangan sampah yang berada di kali Cibalok RW 06, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, pada Selasa (14/1/2020) Siang. Tampak hadir Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Dimas Tiko Prahadisasongko, Lurah Pakuan Arif Hidayat di dampingi Ketua RW setempat Upang Supardi.

“Ya, hari ini kita bersama-sama turun langsung, yang sebelumnya kami menerima laporan dari Lurah Pakuan untuk melakukan pengecekan tempat pembuangan sampah warga Pakuan. Setelah meninjau langsung tempat pembuangan sampah, Rencananya akan kita berdayakan untuk menghilangkan image tempat sampah yang menimbulkan bau tak sedap dan kumuh,” ujar mantan Kabid Dalops pada Satpol PP Kota Bogor itu.

Masih kata dia, bahwa sampah-sampah di kali Cibalok itu harus segera dibersihkan dan dikembalikan ke kondisi yang lebih baik. Karena apabila dibiarkan maka sampah-sampah itu akan semakin menumpuk karena ulah manusia yang selalu membuang sampah sembarangan.

Ia menjelaskan, terkait permasalahan sampah ini perlu adanya komunikasi dan sosialisasi kepada warga tentang sistem pengelolaan sampah di wilayahnya, mulai dari pengakutan, pengumpulan, kemudian juga terkait fasilitasnya seperti apa, termasuk ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan bidang lain untuk memberikan pemahamanan.

“Artinya, pemahaman yang kita lakukan itu ialah mengajak warga untuk memilah sampah. Dalam jangka pendek ini saya meminta kepada Lurah Pakuan untuk berkomunikatif dengan pengurus RW, RT setempat untuk memetakan bersama langkah-langkah kongkret dalam menangani sampah. Saya juga berpesan kepada warga untuk tidak lagi membuang sampah ke kali tersebut,” tegasnya.

Ditempat yang sama Lurah Pakuan, Arief Hidayat mengungkapkan, di dalam menangani sampah ini tentu ada jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek itu tentunya dengan mengajak seluruh warga untuk bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih yang sudah direncanakan dilakukan pada Sabtu depan. Dengan cara turun langsung membersihkan sampah-sampah liar yang sekarang ini terjadi di sekitar kali Cibalok, sedangkan jangka panjangnya ialah berupaya untuk membangunkan tempat pembuangan sementara atau TPS.

“Setelah itu, kita akan menata dengan memasang atau menempelkan hiasan-hiasan seperti pot bunga dan pengecatan, termasuk spanduk larangan di lokasi tersebut. Tujuannya, supaya warga kita ini tidak lagi membuang sampah ke sini,” jelasnya.

Rencana Kabid Persampahan dan Lurah Pakuan itu pun disambut gembira oleh Ketua RW setempat, Upang Supardi. Ia mengajak, dalam menangani sampah ini tentu harus diatasi secara bersama-sama, mulai dari membersihkannya, kemudian pengakutannya, termasuk tempat atau transit sampah sebelum diangkut oleh dinas terkait.

“Saya sangat setuju dan mengapresiasi ini seharusnya pemimpin ketika ada aduan dari pimpinan wilayah langsung turun, malah saya juga inginnya tempat ini kembali bersih seperti sedia kala. Nanti kita koordinasi dengan pengurus RT-RT di sini, sama lurah, kita kumpul, kita rapatin dan kita bersihkan sampah ini dengan gotong royong,” harapnya. (MyM)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*