Lurah Babakan Pasar Ajak Seluruh Warga Bebersih Ciliwung

kabar17.com – Warga Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor melakukan Bebersih sungai Ciliwung bersama Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Lurah Babakan Pasar, Rena Dan Frina mengatakan, kegiatan bebersih Ciliwung ini merupakan agenda rutin yang di lakukan setiap Minggu. “Kebetulan kita koordinasi bersama KPC dan komunitas kampanye pulau plastik dari Bali sedang ada di Bogor, jadi kita ajak mereka untuk bebersih Ciliwung juga,” kata Rena.

Di kegiatan bebersih Ciliwung ini, lanjut Rena pihaknya mengajak seluruh warga kelurahan Babakan Pasar yang memiliki 10 RW dan 39 RT yang dilintasi sungai Ciliwung. “Antusias warga dalam bebersih Ciliwung ini luar biasa, karena ini sejalan dengan program Pemkot Bogor yaitu naturalisasi Ciliwung jadi kita sejalankan semuanya,” katanya.

Rena menjelaskan, kegiatan bebersih Ciliwung sebenarnya kolaborasi antara kelurahan dinas terkait dan Pemkot Bogor, jadi pertama warga di ajak untuk memilah sampah. “Saran dari DLH, warga dipaksa, diwajibkan dan dilatih untuk memilah sampah plastik organik dan non organik,” jelasnya.

Kedua tambah Rena, warga Babakan Pasar juga sudah dilengkapi infrastruktur pembuangan sampah dan pengangkut sampahnya, jadi mereka tidak ada alasan lagi membuang sampah ke sungai. “Kalau untuk sistim pengangkutan sampah sudah jalan. Gerobak, tong sampah sudah ada tinggal kebiasaannya yang di rubah,” ujar Rena.

Untuk anggaran dana kelurahan, Rena menjelaskan, Kelurahan Babakan Pasar prioritaskan untuk meningkatkan program naturalisasi Ciliwung. “Di Babakan pasar sendiri kita lakukan pembangunan saluran yang terkoneksi langsung ke sungai Ciliwung dan kita membangun turap di RW 9,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*