Longsor Panjang Akibat Hujan Deras Semalam

kabar17.com¬†–¬†Intensitas hujan yang tinggi pada Minggu (28/10) malam tadi yang melanda wilayah Kota Bogor, mengakibatkan terjadinya longsor di wilayah Jalan Tawakal RT 08 RW 06 Perumahan Kedung Badak Baru, Kel. Kedung Badak, Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor, pukul 21.50 WIB.

Berdasarkan laporan dari Tim Pusdalops-PB dan TRC-PB BPBD Kota Bogor dilapangan, longsor diduga akibat pembuangan limbah air rumah tangga yang menggerus didalam tanah tebingan tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kondisi saat ini, sekitaran tanah longsor sudah dipasang hazard line sebagai wilayah yang tidak bisa dilewati.

Dampak dari terjadinya longsor tersebut, turap yang dibangun pada bulan Juli 2009 longsor sepanjang 115 meter dengan tinggi 12 meter. Tak hanya itu, longsor itu pun mengancam lima rumah warga yang ada di Perumahan Kedung Badak Baru. Kelima rumah tersebut yaitu:

1. a.n. Astuti Legowo 1 KK 5 Jiwa.
2. a.n. Tiyoso (sudah tidak dihuni).
3. a.n. Mashuri 1 KK 2 Orang.
4. a.n. Dodi Haryanto 1 KK 4 Orang.
5. a.n. Hendra (sudah tidak dihuni).

Sementara, di Jalan Tenang juga terlihat beberapa retakan dijalanan yang dikhawatirkan rawan longsor, sehingga berdampak pada enam rumah warga yang ada sekitarnya yaitu:
1. a.n. Sucianto 1 KK 4 Jiwa
2. a.n. Mandolang 1 KK 6 Jiwa
3. a.n. Ahmad 1 KK 6 Jiwa
4. a.n. Sumardi 1 KK 2 Jiwa
5. a.n. Een 1 KK 3 Jiwa
6. a.n. Darmawan 1 KK 3 Jiwa

Upaya sementara yang dilakukan Assesment dan Evakuasi Tanggap Darurat oleh TRC -PB BPBD Kota Bogor, TRC-PB BPBD mengevakuasi mobil salah satu warga terdampak yang ingin dipindahkan keluar rumah. Demikian laporan sementara di lapangan. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*