LBH Bogor Lapor ke KPK, PTUN Bandung dan PN Bogor Soal IMB Alhambra APT

kabar17.com – Banyaknya kejanggalan kejanggalan paska dikeluarkannya IMB milik apartemen Grand Park Pakuan City (GPPC) yang kini berubah nama menjadi Alhambra APT, oleh pihak Pemerintah Kota Bogor, LBH Bogor akan segera melaporkan permasalahan Alhambra APT kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Eksekutif LBH Bogor, Zentoni menegaskan, LBH Bogor akan membawa kasus Alhambra APT itu ke KPK. Karena banyak kejanggalan kejanggalan dalam proses keluarnya IMB. Alhambra APT yang sebelumnya memakai nama GPPC, mendapat penolakan dari warga disekitar lokasi, sehingga selama beberapa tahun, proses perizinannya tidak selesai selesai. Tetapi tiba tiba Pemkot Bogor mengeluarkan IMB untuk GPPC itu, padahal masih ada warga yang terdampak langsung tidak dilibatkan dan belum memberikan persetujuan untuk perijinan.

“KPK harus turun gunung melakukan investigasi dan memeriksa soal terbitnya IMB GPPC. Kami LBH Bogor akan segera mendatangi KPK dan melaporkan kasus Alhambra APT atau GPPC ini ke KPK di Jakarta,” tegasnya.

Zentoni menilai bahwa IMB yang sudah dikeluarkan Pemkot Bogor untuk GPPC itu cacat hukum, karena kenyataannya masih ada warga yang menolak. Seharusnya IMB itu dikeluarkan apabila seluruh warga terdampak telah menyetujui dan memberikan perizinan. “Kalau masih ada warga yang belum diminta persetujuan atau perizinan, IMB itu jangan dikeluarkan dulu. Warga terdampak langsung sangat penting dan Pemkot Bogor harus memperhatikan masalah itu,” jelasnya.

Terkait penolakan para pemilik kios, Zentoni mengatakan bahwa pihaknya akan segera menggugat perbuatan melawan hukum itu ke Pengadilan Negeri (PN) Kota Bogor. “Gugatan ke PN Bogor segera kita lakukan, minggu depan sudah masuk gugatannya,” ungkapnya.

Selain menggugat ke PN Bogor, LBH Bogor juga akan menggugat IMB Alhambra APT atau GPPC ke PTUN Bandung. “Soal IMB, kita akan gugat ke PTUN Bandung. Kita proses semuanya secara hukum dan meminta agar Pemkot Bogor nantinya mencabut kembali IMB yang sudah dikeluarkan untuk Alhambra APT atau GPPC,” pungkasnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*