Kubah Masjid Terbawa Angin Jatuh di Atas Makam

kabar17.com – Angin kencang disertai hujan deras mengakibatkan kubah Masjid An Nur yang ada di wilayah Kp Bubulak RT 03/RW 08 Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, jatuh tertiup angin dan menimpa sebuah makam yang berada di samping masjid.

Umi Oom, salah seorang warga yang rumahnya berada persis di sebelah masjid menuturkan, sebelum hujan langit sudah gelap karena mendung. Lalu tak lama kemudian turun hujan disertai angin kencang. Tak lama tiba-tiba terdengar suara benda jatuh. Pas dilihat ternyata kubah masjid jatuh menimpa makam. “Saya mendengar ada suara keras yang jatuh pas lagi di ruang tamu. Kejadiannya siang sekitar jam 14.30an lah sebelum adzan Ashar,” kata Oom, Selasa (15/10/19).

Menurut Asep Saipul Hidayat, jatuhnya kubah masjid diketahui saat warga akan melaksanakan salat Ashar. “Jam 14:50 WIB saya tahunya. Saya bersama warga kemudian memindahkan kubah masjid yang jatuh di atas makam KH Mbah Subki ke samping masjid,” ungkapnya.

Masih kata Asep, kubah berdiameter sekitar 2 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter itu, jatuh dari lantai tiga masjid. Beruntung kubah yang jatuh itu, tidak menimpa rumah warga sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Ia mengatakan, Masjid An Nur ini, yang masih dalam tahap renovasi yang pembangunannya berasal dari swadaya masyarakat sekitar. “Rencananya pengurus masjid akan mengganti kubah yang jatuh dan rusak ini, dengan yang baru karena memang ini kubah lama sebelum masjid direnovasi,” katanya.

Berdasarkan laporan kejadian yang didata oleh aparat Kelurahan Bubulak, akibat hujan lebat disertai angin puting beliung, wilayah yang berdampak parah kerusakannya terjadi di wilayah RW 06 Kp. Batuhulung. Kemudian di RT 04/RW 03 atap musala berterbangan menimpa tiga rumah. Di RT 06/RW 03 tembok rumah roboh, di RW 11 empat rumah, di RW 08 kubah masjid terbawa angin hingga jatuh di atas makam, di RW 06 delapan rumah, dan di RW 12 tiga rumah.
Total keseluruhan ada 20 rumah, satu masjid dan satu musala. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*