Korem 061/Sk peringati Hari Juang Kartika dengan Penghijauan

Kabar17.com – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, Korem 061/Sk mengadakan kegiatan gerakan menanam 1.000 pohon di Kp. Cibulau, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/12/18).

Tak hanya aksi tanam pohon, kegiatan yang bertajuk Babakti Ka Alam Bersama Korem 061/Suryakancana ini, juga dirangkaikan dengan kegiatan penaburan bibit ikan endemik di Sungai Ciliwung, baksos pengobatan masal, pembagian sembako, dan pembangunan Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ).

Danrem 061/Sk Kolonel Inf Mohamad Hasan, di tempat terpisah menjelaskan, dalam kegiatan ini, Korem 061/Sk mengundang sekitar 1000 orang dari sejumlah unsur dan kalangan masyarakat diantaranya unsur TNI, Polri, komunitas, ormas, LSM, mahasiswa/pelajar, budayawan, seniman, tokoh masyarakat dan warga setempat untuk ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Kegiatan ini, adalah lanjutan dari gerakan aksi penghijauan “Ngalokat Cai Ciliwung” yaitu pengembalian fungsi hulu air sungai Ciliwung di Talaga Sa’at Cikoneng, yang dilakukan pada bulan Februari lalu.

“Aksi tanam pohon ini, adalah lanjutan pengembalian keseimbangan alam dari sisi darat. Kita hidupkan kembali fungsi alam baik dari fungsi sungai, pohon, dan tanahnya, agar kita bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya bencana akibat kerusakan lingkungan yang disebabkan ulah manusia. Kepedulian dan kesadaran terhadap lingkunganlah yang perlu kita ingatkan kepada masyarakat,” kata Danrem.

Sementara, Kasrem 061/Sk Letkol Kav Eko Saptono yang mewakili Komandan Korem 061/Sk, mengatakan, harapan dari kegiatan ini adalah tumbuh sikap kepedulian terhadap lingkungan. Banyak sungai yang tidak berfungsi dengan baik. Banyak pohon dan hutan yang dirusak. Sehingga yang terjadi adalah longsor dan banjir.

“Kami ingatkan salah satu penyebab terbesar terjadinya bencana adalah pembiaran terhadap kerusakan lingkungan. Karena itu, melalui Kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam kegiatan ini, marilah bersama-sama kita jaga alam, cegah bencana alam, hijaukan lingkungan dan wujudkan lingkungan yang sehat demi kepentingan kita dan anak cucu kita semua,” harapnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*