Korem 061/SK Pantau Perkembangan TMMD ke 104 DIM 0622/Kab.Sukabumi

kabar17.com – Pasca dibuka pada Selasa (26/2/19) lalu, kegiatan fisik dan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 tahun 2019 di wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yang memasuki H + 18 pada 16 Maret 2019 ini, sudah menunjukkan sejumlah kemajuan.

Berdasarkan laporan di lapangan, pekerjaan dengan sasaran fisik pembangunan jembatan sudah mencapai 60 persen, pengaspalan jalan 75 persen, pemasangan gorong gorong 49 persen, dan pembangunan flat beton 36 persen.

Sedangkan pada sasaran fisik tambahan berupa rehab sekolah dasar sebanyak 1 unit sudah mencapai 100 persen. Kemudian pembangunan MCK sebanyak 1 unit mencapai 50 persen, pemasangan PJU sebanyak 15 unit mencapai 100 persen, dan rehab mushollah sebanyak 1 unit mencapai 85 persen.

Untuk sasaran non fisik, baru mencapai 66 persen dengan menyasar berbagai jenis kegiatan yakni;

1. Penyuluhan Sosialisasi dan desiminasi TMMD serta penyuluhan desa informative dari Dinas Kominfo dan Persandian Kab.Sukabumi yang diikuti 50 orang.

2. Penyuluhan tentang tugas pemerintah di bidang pendidikan nasional dari Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi, diikuti 50 orang.

3. Penyuluhan tentang Pemanfaatan listrik untuk usaha produktif dari Dinas Perindustrian dan ESDM Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

4. Penyuluhan tentang Revitalisasi sentra sentra keolahragaan dari Dinas Budpora Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

5. Penyuluhan tentang Pemberdayaan sosial Karang Taruna dari Dinas Sosial Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

6. Penyuluhan tentang Rehabilitasi Sumber Daya Hutan dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

7. Penyuluhan tentang Visi Indonesia Sehat dari Dinas Kesehatan Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

8. Penyuluhan tentang Budidaya Ikan Lele, Nila, dan Ikan Mas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sukabumi diikuti 50 orang.

9. Penyuluhan tentang Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan Umum Berciri Agama, Pendidikan Agama Pada Satuan Pendidikan Umum dan Pendidikan Keagamaan dari Kantor Kemenag Kab.Sukabumi diikuti 50 orang.

10. Penyuluhan tentang Penyaluran dana bergulir untuk usaha penggemukan sapi potong melalui koperasi dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab.Sukabumi diikuti 50 orang.

11. Penyuluhan tentang Mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor dan kesejahteraan petani dari Dinas Pertanian Kab.Sukabumi diikuti 50 orang.

Komandan Kodim (Dandim) 0622/Kab.Sukabumi, Letnan Kolonel Inf Haris Sukarman menyampaikan, program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian dan pemerintahan daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Sesuai tema yang diusung yakni “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”, di harapkan tema ini, dapat dijadikan pendorong semangat untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” kata dandim.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, TNI dan masyarakat, sambungnya, hal itu, menjadi salah satu unsur pendorong utama dalam pencapaian pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi, sesuai dengan salah satu agenda prioritas nasional yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Untuk itu, melalui kegiatan TMMD ke 104 saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menunjukan partisipasinya sebagai agen perubahan sosial dan diharapkan pelaksanaan kegiatan bukan hanya menjadi kegiatan yang bersifat seremonial, tetapi benar-benar dapat dijalankan di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Sukabumi, sehingga hasilnya secara nyata dapat melestarikan kegotongroyongan masyarakat, sebagai jati diri Bangsa Indonesia yang berfalsafah Pancasila, untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

TMMD Reguler ke-104 tahun 2019 ini, melibatkan satgas TNI AD 99 orang, TNI AL 4 orang, TNI AU 27 orang, Polri 1 orang, dan Pemkab 19 orang. (Penrem 061/Sk)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*