Konveksi Bordil Banjir Order Kaos Pemilu

Kabar17.com – Pesanan pembuatan bordir untuk kaos dan t-shirt calon legislatif (caleg) dan calon presiden (capres) dalam Pemilu 2019 mengalami peningkatan hingga 50 persen. Hal itu, dirasakan oleh salah satu jasa konveksi di Kota Bogor, Aneka Bordir Komputer dan Konveksi, yang berlokasi di Jalan Sindang Barang, Gg. Bendungan No. 008, RT.01/RW.02, Sindangbarang, Bogor Barat.

Pemilik Aneka Bordir Komputer dan Konveksi, Ahmad Zainuri mengatakan, order pesanan pembuatan kaos dan kemeja bordir untuk caleg dan capres sudah mulai masuk sejak bulan September lalu. Yang sudah masuk itu, kebayakan pesanan t-shirt, kaos dan kemeja untuk caleg dan kaos Jokowi dari para relawannya.

Ahmad menjelaskan, dalam seminggu minimal itu, 2000 pcs t-shirt diproduksi. Sedangkan untuk produksi kaos bisa sampai 4000 pcs.

“Kemungkinan orderan akan membludak di bulan Desember karena konveksi hanya diberi waktu empat bulan mulai dari Desember, Januari, Februari, sampai Maret. Bulan Februari Maret biasanya sudah mulai jalan pendistribusiannya,” terang Ahmad saat ditemui di tempat usahanya, Jumat (2/11/18).

Ia menuturkan, pangsa pasar produk buatannya ini, 80 persen dari luar Bogor yakni di wilayah Jabodetabek hingga ke luar Jawa seperti Sulawesi Tengah, Jambi, Banda Aceh. Sedangkan di Bogor cuma 20 persen.

“Untuk promo, penjualan dan pemesanan lebih banyak dilakukan melalui jejaring grup di media sosial. Karena itu, konsumen yang memesan kebanyakan dari luar Bogor. Kepercayaan itu, didapat karena mereka menilai kualitas produknya bagus, harganya terjangkau dan ketepatan waktu yang sesuai permintaan,” ungkap pria yang memulai usaha ini, sejak tahun 90an.

Selain banjir orderan untuk pembuatan kaos dan kemeja caleg dan capres, beberapa waktu lalu dirinya juga kebanjiran order membuat topi, kaos, dan training, Asian Games 2018 dari Kemendagri.

Ia mengaku, omzet yang ia dapat dalam sebulan berkisar antara Rp 60-70 juta. Dengan pemasukan tersebut, dalam seminggu ia bisa menggaji karyawannya sebesar Rp 2 juta per orang. Namun, jika sepi order dalam seminggu per orangnya bisa mendapat Rp 800 ribu.

“Disini karyawan untuk mesin bordir ada lima, bagian jahit ada tujuh orang dan finishing empat orang. Produk yang kita buat yakni kemeja, kaos, jaket, topi, t-shirt. Untuk harga tergantung bahan. Kisarannya, t-shirt Rp 50-100 ribu, jaket Rp 70-150 ribu, kaos oblong mulai dari Rp 60 ribu dan topi dari Rp 10-25 ribu. Dengan pemesanan minimal 4 lusin,” beber Ahmad yang bercita cita ingin membangun garmen suatu hari nanti. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*