Koalisi Tiga Partai Buat Kesepakatan Bersama

kabar17.com – Tiga partai yang membentuk fraksi gabungan bernama “Kebangkitan Bintang Restorasi” membuat komitmen bersama dengan melakukan penanda tanganan nota kesepakatan di salah satu rumah makan di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (17/8/19). Tiga partai tersebut yakni PKB, PBB, dan NasDem.

Ketua NasDem, Rd. Ian menerangkan, adanya fraksi gabungan dan nota kesepakatan yang ditanda tangani bersama ini, ke depannya akan ada sinergi antara dewan dengan partainya masing-masing. Jangan sampai ikatan antara dewan dengan partai terlepas atau jalan sendiri-sendiri seperti sebelumnya.

“Kita di Kota Bogor diberikan kewenangan membentuk koalisi sendiri untuk menentukan arah kebijakan koalisi partainya. Jadi, dengan adanya fraksi gabungan ini, segala kebijakan akan berkordinasi dan dimusyawarahkan dulu dengan kita dan itu akan diatur secara khusus dalam adendum. Kalau nota kesepakatan ini baru Mou secara umum,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selama lima tahun ke depan pada periode 2019-2024 untuk pimpinan fraksi pun nanti akan bergantian dengan sistem rotasi. Tiga tahun untuk PKB, sisanya untuk NasDem dan PBB. Nanti PKB yang menentukan siapa yang menjadi ketua fraksi. Yang jelas semua berkeadilan dan pernah menjadi ketua fraksi.

“Jadi, dalam lima tahun ke depan ketua fraksinya akan bergantian. Yang terpenting di sini kita berazaz keadilan. Visi kita adalah bersinergi dengan pemerintah. Sedangkan misinya, menyelesaikan PR Raperda yang belum selesai atau tidak jalan. Termasuk persolaan kepemudaan, perluasan pemekaran, dan lain sebagainya,” bebernya.

Senada, Ketua PKB, Heri Firdaus mengatakan, plan utamanya dari fraksi gabungan ini, adalah ingin menjadi fraksi yang paling produktif dan bisa dibanggakan.

“Produktif dalam artian seperti anggota kita bisa mengajukan rancangan peraturan daerah. Kemudian dalam hal pengawasan kita bisa ikut bersuara. Lalu kontek dibanggakannya yaitu membanggakan partainya dan bermanfaat buat masyarakat,” katanya.

Ditambahkan oleh Ketua PBB, Subhan, fraksi gabungan ini, menjadi kekuatan politik di Kota Bogor sehingga bisa menjadi sebuah harapan dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Spirit perjuangan dari Kebangkitan Bintang Restorasi adalah semangat maju bersama.

“Kita mengusung azaz proporsional dan profesional dengan menjunjung keadilan dan kebersamaan dalam pembagian tugas dan kewenangan. Jadi, kita sudah membuat kesepakatan bersama yang tertuang dalam Mou yang kita tanda tangani hari ini,” ungkapnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*