Ketua PWI Pusat Resmikan Kantor Sekretariat PWI Kota Bogor

kabar17.com – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonsesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari meresmikan kantor PWI Kota Bogor di Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Peresmian gedung baru kantor PWI Kota Bogor tersebut dirangkai dalam acara Halal Bihalal rembug guyub wartawan Bogor Raya.

Kantor PWI yang sempat terbengkalai selama tiga tahun karena mengalami ambruk itu mulai direnovasi pada Februari 2018 dan akhirnya diresmikan Rabu (3/7/19).

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengatakan bahwa kembalinya marwah PWI di Kota Bogor berawal dari semangat seluruh wartawan di Bogor untuk membangun kembali PWI di Kota Bogor. Meski saat itu keadaan bangunan kantor PWI dalam keadaan ambruk di bagian atap, namun dengan niat dan tekad yang kuat serta dukungan dari berbagai pihak Kantor PWI Kota Bogor pun bisa berdiri kembali.

“Iya waktu itu bismillah kita akan memulai kegiatan kembali diantara reruntuhan gedung melalui kilas balik insan pers Bogor kita membuat acara pameran foto jurnalistik itu menjadi cikal bakal dari kumpulnya kita karena tanpa hpn kita tak akan disini,” ucap Arie.

Dalam peresmian gedung itu juga dilakukan memorandum of understanding atau (MoU) antara PWI Kota Bogor dengan BPJS kesehatan. Aritha mengatakan bahwa penandatanganan MoU itu sebagai upaya PWI Kota Bogor untuk meningkatkan kesejahteraan para wartawan. Karena dalam menjalankan tugasnya seorang wartawan memiliki pola rutinitas pekerjaan yang waktunya tidak teratur. Bahkan seorang wartawan bisa bekerja lebih dari delapan jam untuk menjalankan tugas reportasenya.

“Peningkatan kesejahteraan untuk wartawan kita wujudkan dengan MoU dengan BPJS mungkin sejarah dan ini yang pertama wartawan mendaftarkan anggotanya sebagai anggota BPJS bagi yang memang tidak di cover dengan perusahaaan medianya, iya karena wartawan ini pola waktu bekerjanya tidak teratur untuk itu perlu ada jambinan kesehatan bagi wartawan saat menjalankan tugasnya,” jelasnya.

PWI Kota Bogor juga terus berusaha meningkatkan kompetensi para anggotanya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Pada kesempatan itu juga diserahkan sertifikat kepada wartawan yang telah lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 25 di Kota Bogor pada Desember 2018 lalu. Bukan hanya meningkatkan kompetensi, dan kesejahteraan wartawan, PWI Kota Bogor juga memiliki rencana untuk merenovasi mushala An Naba yang berada di Komplek PWI Kota Bogor.

Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari sangat mengapresiasi program kerja dari PWI Kota Bogor yang sudah banyak melakukan terobosan terobosan dan kemajuan signifikan. Bahkan Atal menyebut PWI Kota Bogor sudah selangkah lebih maju dengan melakukan MoU dengan BPJS kesehatan untuk meningkatkan kesejahteraan wartawan dan memberikan fasilitas kesehatan kepada wartawan.

Tak hanya itu mengenai uji kompetensi wartawan, Atal pun mengapresiasi PWI Kota Bogor yang terus meningkatkan kemajuan kesejahteran anggotanya dengan adanya koperasi di PWI Kota Bogor.

“Kami akan terus mendidik anggota kami agar terus profesional dan kompeten, disini ada program BPJS, disini ada pembangunan ibadah musholanya. Indahnya program di Bogor ini untuk kesejahteraan dunia dan akhirat kemudian ada renovasi mushola. Saya kira ini sejalan keduanya akan membuat  tumbuh semakin besar PWI Kota Bogor akan terus menjadi lebih besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir juga Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Pimpinan DPRD Kota Bogor, petinggi partai, para organisasi perangkat daerah, pimpinan ormas dan anggota ormas.

Waki Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengapresiasi pembangunan Kantor PWI Kota Bogor dan uji kompetensi wartawan. Karena menurut Dedie wartawan merupakan profesi yang sangat memiliki integritas.

“Sikap pers itu ada tiga, yang pertama sikap jujur yang kedua nilai nilai integritas dan ketiga adalah setia pada keadilan jadi kalaupun kurus tidak jadi masalah selama memiliki hati nurani dan kejujuran serta integritas dan setia kepada keadilan,” katanya.

Sebagai pilar keempat demokrasi, Dedie mengatakan bahwa pers memiliki peran yang sangat penting dalam ikut membangun demokrasi dan negara.

“Kenapa saya sangat konsen juga terhadap pembangunan Kantor PWI Kota Bogor karena memang dalam membangun demokrasi pers ini tidak bisa ditinggalkan saya pikir bantuan moral materil sangat diperlukan karena kalau pers maju insya Allah negara juga maju,” tuturnya.

Dedie juga mengapresiasi PWI Kota Bogor yang bisa menghadirkan para petinggi partai di Kota Bogor, pimpinan DPRD, para OPD dan para pimpinan Ormas.

“Setelah paska pilpres ini ketua ketua pimpinan ormas dan partai dengan PWI mengundang tokoh dan ormas Kota Bogor ini tetap kondusif, kokoh, nyaman dan aman,” katanya.

Dalam kesempatan peresmian itu pengurus PWI mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur dan semua pihak yang sudah memberikan bantuannya baik secara moril maupun materi. PWI Kota Bogor juga memberikan penghargaan kepada pihak pihak yang selama ini berkontribusi dalam mewujudkan gedung baru PWI Kota Bogor. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*