Kenalkan Batik Khas Bogor Lewat Lomba Desain Motif Batik

kabar17.com – Sebanyak 17 karya motif batik yang ikut serta dalam lomba desain motif kain panjang batik Bogor dipamerkan dalam acara fashion show batik khas Bogor yang dilangsungkan di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, Selasa (16/7/2019).

Ke 17 karya finalis tersebut di tunjukkan dalam peragaan fashion show yang dibawakan oleh para istri dari Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota, Danrem 061/Sk, Dandim 0606 Kota Bogor, dan beberapa wanita lainnya sebagai model.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi menerangkan, lomba desain motif kain panjang batik Bogor ini, sudah berjalan sejak bulan Mei lalu yang di ikuti sebanyak 35 peserta. Yang lolos 27 orang. Tapi dari 27 orang itu, 10 peserta diantaranya tidak bisa menyelesaikan karya di babak final yang hari ini diumumkan. Jadi, hanya 17 orang yang dinilai.

“Ada dua kategori peserta yaitu pelajar dan pembatik. Untuk kategori pelajar itu mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Semua karya peserta akan kita bantu pasarkan. Sedangkan bagi yang meraih juara akan dijadikan ikon batik Bogor,” terangnya.

Masih kata Shahlan, acara ini adalah bagian dari gebyar kegiatan ekonomi kreatif (ekraf) dengan tema 5F (fashion, food, festival musik, film, fotografi). Untuk event fashion, ini adalah event yang kedua kalinya digelar. Pertama, tahun 2018 lalu juaranya adalah batik dengan motif pala. Tahun ini, juara pertamanya motif bunga bangkai.

“Kami berharap melalui lomba desain motif kain panjang batik Bogor ini, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memakai batik khas Bogor. Di samping mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Kota Bogor memiliki batik sendiri dengan ikon khas Bogor,” ungkapnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*