Kelurahan Sindangsari Gelar Pelatihan Kompetensi Bagi Pengurus Wilayah

kabar17.com – Dalam menjalankan tugas di suatu wilayah kelurahan itu tidak bisa berjalan tanpa ada bantuan dari pengurus RT dan RW, serta LPM hingga kelompok dasa wisma di kelurahannya itu sendiri. Namun, sebelum menjalankan tugasnya itu para pengurus tentunya harus dibekali dengan pelatihan kompetensi. Inilah yang dilakukan oleh Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, yang menggelar Pelatihan Kompetensi terhadap kelompok Dasa Wisma dan pengurus RT, RW dan LPM di Bumi Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kamis (27/2/2020).

Lurah Sindangsari, Eka Deri Rahmat Irawan mengatakan, di pelatihan kompetensi ini pihaknya mengundang empat narasumber, diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), DPMPPA, PKK Kota Bogor dan Petani Hidroponik. Dari setiap narasumber itu, kata Eka, masing-masing menyampaikan materi sesuai keahliannya, misalnya dari DLH yang menyampaikan tentang pemilahan sampah rumah tangga. “DLH menyampaikan materi terkait pemilahan sampah, bank sampah, lubang biopori. Jadi warga diedukasi terkait memilah sampah, juga mengurangi sampah dari sumbernya,” kata Eka.

Kemudian dari DPMPPA, materi yang disampaikan ialah berkaitan dengan kelembagaan, tugas dan fungsi RT, RW dan LPM. Sedangkan dari PKK penyampaian materinya terhadap Kelompok Dasa Wisma. “Dasa Wisma ini lahirnya dari PKK Kota Bogor, jadi Dasa Wisma itu membantu program-program PKK di wilayah,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, petani hidroponik diundang dengan tujuan agar warganya bisa tertarik untuk menjadi petani hidroponik. Sebab, kata Eka, tanaman hidroponik itu memiliki nilai jual yang cukup tinggi yang tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Saya berharap warga yang tergabung dalam kelompok dasa wisma dan para pengurus RT RW yang hadir ini bisa memahami apa yang sudah kita berikan ini, dan saya juga berharap semua pengurus bisa bersinergi dalam membantu menjalankan program-program kelurahan,” pungkasnya. (Mym)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*