Kelurahan Bubulak Bakal Dibuat Kampung Kreatif

kabar17.com – Kelurahan Bubulak yang terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor akan dijadikan Kelurahan kampung kreatif, pasalnya di Kelurahan Bubulak terdapat beberapa potensi seperti pengrajin bambu, pengolahan limbah menjadi pupuk organik, pengrajin mainan anak, bank sampah dan lain sebagainya.

“Untuk menentukan kampung tematik, setelah kita berbincang dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), tokoh pemuda, karang taruna, RT dan RW kita akan menjadikan kelurahan bubulak menjadi kelurahan kampung kreatif, karena di kelurahan bubulak terdapat beberarapa kreativitas yang di hasilkan oleh warga,” kata Lurah Bubulak Asep Faisal Rahman.

Kreativitas di Kelurahan Bubulak lanjut Asep, ada pengrajin bambu yang di jadikan cendera mata, pengolahan limbah yang di ubah menjadi pupuk organik, pengrajin mainan anak anak seperti ayunan yang di gunakan di PAUD.

“Disini juga ada bank sampah yang menghasilkan limbah sampah yang di jadikan beberapa produk seperti pot gantung dari kain bekas dan kerdus bekas yang diolah sehingga menjadi bisa di jual dan menjadikan suatu produk yang bisa dijual dan bernilai komersil,” katanya.

Kelurahan yang memiliki 29 RT dan 13 RW ini juga mempunyai solusi bagi sampah yang tidak bisa di daur ulang seperti popok bayi dan pembalut wanita. “Jadi sampah yang tidak bisa di daur ulang disana di olah menjadi konblok, yang disatukan bahan baku konblok sebagai perekat, jadi satu mengurangi bahan baku semennya dan juga berfungsi untuk menguatkan campuran semen dan pasirnya,” terangnya.

Asep menambahkan kedepannya Kelurahan Bubulak juga akan mendapatkan pilot projek untuk pengalihan energi dari pihak IPB seperti solar panel yang fungsinya sebagai penunjang daya listrik yang sumbernya dari PLN.

“Sementara ini sebanyak 2 KK yang akan di pasang solar panel dan harapannya kalau memang itu berhasil minimal bisa di terapkan di satu RW dan target besarnya sampai satu kelurahan,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*