Imigrasi Kelas I Bogor Bentuk Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas

kabar17.com – Kantor Imigrasi Kelas I Bogor melakukan terobosan dengan membangun Zona Integritas menuju Wilayan Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai upaya pembenahan dan penguatan Integritas pelayanan kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melayani masyarakat baik terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Kepala Imigrasi Kelas I Bogor, Suhendra menjelaskan, pendampingan Auditor Pertama dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham untuk penyusunan bahan pembangunan Zona Integritas pada tanggal 12 Jul 2018. Pengarahan Inspektur Wilayah II Inspektorat Jenderal Kemenkumham untuk mendukung dan memotivasi pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WEK WBBM pada tanggal 13 Jui 2018.

“Kami juga telah melakukan pengarahan Kepala Perwakilan Ombusdman Wilayah Jakarta Raya dalam rangka peningkatan pelayanan dan pembanguna Zona Integritas menuju WBK WBBM pada hari ini, 05 September 2016,” jelas Suhendra saat konferensi press di kantor Imigrasi Kelas I Bogor, Kamis (06/09/2018).

Ia melanjutkan, adapun hal – hal yang telah dilakukan oleh kantor Imigrasi Kelas I Bogor, yakni proses permohonan paspor. Dimana, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor telah menggunakan sislem antrian Paspor berbasis Whatsapp dengan nomor 08111100333 sehingga memudahkan pemohon dalam memperoleh kepastian waktu layanan.

“Untuk kemudahan pemohon, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menyediakan layanan pembayaran mobile di depan kantor Imigrasi sehingga pemohon dapat melakukan pembayaran langsung setelah menerima tanda terima untuk melakukan pembayaran yang diberikan oleh petugas. Paspor dapat diambil 3 (tiga) hari kerja setelah pembayaran,” ungkapnya.

Selain itu, dalam pengajuan izin tinggal keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor telah mengimplementasikan OSS (One Stop Service) dimana pemohon yang lengkap permohonannya dapat dilakukan pengambilan foto dan sidik jari pada hari yang sama dan permohonan dapat diselesaikan waktu 2 (dua) hari kerja setelah pembayaran, sehingga mempersingkat waktu kedatangan pemohon ke Kantor Imigrasi.

“Kami pun mengimplementasikan pelayanan publik ramah HAM dengan menyediakan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas dan memprioritaskan pelayanan bagi Balita dan Lansia. Kami juga berencana melakukan pembangunan gedung baru diatas tanah seluas 1,3 Ha dengan anggaran sebesar 45 M pada tahun anggaran 2019,” jelasnya.

Disamping itu, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor juga akan ikut serta dalam menyelenggarakan pelayanan keimigrasian di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor bersama dengan Pemerintah Daerah Kota Bogor

“Dalam rangka implementasi Good Government di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor telah mengimplementasikan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dengan aplikasi yang bernama SISUMAKER-Sistem Surat Masuk dan Keluar,” tandasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*