Kampung Cijulang Gelar Tradisi Seren Taun

Kampung Cijulang Gelar Tradisi Seren Taun

kabar17.com – Seren Taun adalah kegiatan tradisi budaya Sunda yang selalu diadakan di beberapa desa di Jawa Barat. Prosesi Seren Taun diadakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki panen yang diterima tahun lalu.

Salah satu desa yang masih menjalankan tradisi Seren Taun setiap tahunnya adalah Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Pusat kegiatan dilangsungkan di Kampung Cijulang Rt 01 Rw 08. Prosesi yang dilakukan yakni ngarak dongdang, sedekah bumi, rebutan hasil bumi, pertunjukan kesenian, dan kegiatan sosial santunan anak yatim.

Kepala Desa Sukaharja, Santoso mengatakan, Seren Taun ini, sudah menjadi acara tahunan yang rutin dilangsungkan setiap bulan Muharram. Yang terlibat di acara ini, ada 9 Rw. Dimana, tiap-tiap Rw membawa hasil buminya dalam sebuah dongdang.

“Jadi, Seren taun ini, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur warga setempat kepada Allah SWT atas keberkahan melimpah untuk Kampung Cijulang khususnya hasil panen yang diterima. Selain itu, juga untuk memeriahkan tahun baru islam yang berbarengan dengan panen raya petani Kampung Cijulang dan HUT Kampung Cijulang ke 139,” terangnya, Senin (17/9/2018).

Ia menambahkan, banyak orang yang melupakan budaya sendiri terlebih lagi di kota-kota besar seperti Bogor, tapi tidak di Kecamatan Cijeruk khususnya Desa Sukaharja, Kampung Cijulang. Disini para warga nya masih selalu berusaha untuk menghormati dan melestarikan warisan-warisan dan ajaran dari leluhur mereka. Dibuktikan dari tata dan cara mereka dalam melakukan kegiatan di Kampung Cijulang ini.

“Dana yang terkumpul untuk kegiatan tersebut murni swadaya dari Warga Kampung Cijulang. Semua warga berbaur dalam Seren Taun ini. Antusias warga dari semua kalangan dan usia sangat terasa, bahkan banyak warga yang sengaja libur dari pekerjaan mereka untuk bisa ikut memeriahkan Seren Taun ini,” pungkasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*