Jelang Jambore Cabang VI, Kwarcab Kota Bogor Luncurkan Logo, Maskot dan Mars Pramuka

kabar17.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor meluncurkan logo, maskot dan mars Pramuka untuk kegiatan Jambore cabang ke-VI. Peluncuran logo, maskot dan mars Pramuka tersebut diresmikan langsung oleh Kwarcab Kota Bogor di SMKN 1 Bogor, Jalan Heulang, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (21/9/19).

Logo Jambore cabang ke-VI tersebut dirancang dari 9 unsur yang mewakili ciri khas Kota Bogor dan Pramuka yaitu, bentuk kepala Uncal, bentuk daun pohon Talas, bentuk Tugu Kujang, bentuk Lawang Salapan Dasakreta, lambang Tunas Kelapa dan diciptakan oleh Abuzar Gafirli Ramadhan, sedangkan filosofinya digagas oleh M. Arief Rohman. Untuk maskot diberi nama UNBO yang diambil dari akronim nama Uncal Bogor. Maskot ini, diciptakan oleh Kak Lina. Sedangkan mars jambore berjudul Bogor Berlari Meraih Prestasi, diciptakan oleh Kak Hani dan Kak Yudi.

Kakwarcab Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan jambore  itu pesta untuk anggota Pramuka jadi riang gembira dan diwarnai dengan aktifitas tehnik kepramukaan. “Ini menandakan cinta Pramuka di sekolah cukup bagus saya bangga dan tidak boleh ada satu orang pengurus pramuka yang mencoreng prinsip prinsip kepremukaan suci pemikirannya, perkataannya, perbuatannya betul betul wujud dalam diri Pramuka,” ucap Ade Sarip.

Senada, ketua pelaksana Jambore cabang ke-VI Hanifah menerangkan bahwa Jambore itu bukan lomba melainkan pesta Pramuka Penggalang, sehingga anak anak pulang dari jambore itu mempunya kesan.

“Usia anak yang mengikuti Jambore cabang ke-VI ini usia anak-anak SD, SMP dan SMA dan satu kecamatan itu mengirimkan 72 regu, 70 regu penggalan dari SD , SMP dan dua nya dari Pramuka berkebutuhan khusus lm(PBK), jadi total yang mengikuti jambore adalah 432 regu,” jelasnya.

Sementara itu, bagian seksi kegiatan, Yudiansyah menuturkan, kegiatan pada Jambore cabang ke-VI ini dibagi menjadi tiga yakni kegiatan umum, kegiatan pilihan dan kegiatan khusus. “Kegiatan umum seperti ibadah keagamaan, olahraga pagi, upacara apel pagi dan sore. Kegiatan pilihan itu ada enam modul diantaranya modul satuan karya, teknologi dan kerajinan, wawasan umum, keterampilan kepramukaan, halang rintang dan ketangkasan dan modul permainan tradisional,” terangnya

Untuk Kegiatan khusus tambah Yudi, pihaknya mengundang Pramuka berkebutuhan khusus untuk sama sama berkegiatan di jambore dengan Pramuka umum lainnya.”Jumlah PBK itu masing masing ranting dua regu, satu regu terdiri enam orang jadi total semuanya ada 72 orang yang mengikuti jambore,” pungkasnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*