GTP Ajak PD PPJ Tanam Pohon

kabar17.com – Gerakan Tanam Pohon (GTP) kembali melakukan penanaman pohon, kali ini lokasi penanaman di halaman Pasar Gunung Batu, jalan Mayjend Ishak Juarsa, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (31/3/19).

Penanaman pohon yang pertama kali dilakukan di lingkungan pasar ini di hadiri oleh Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Muzzakir, bersama jajaran PDPPJ, Kapolsek Bogor Barat, Ketua KPUD Kota Bogor Samsudin, RAPI Kota Bogor serta Relawan Demokrasi.

Inisiator GTP, Heri Cahyono mengatakan, Pasar itu harus nyaman, asri dan humanis, sehingga ornamen pohon sangat bagus untuk menghiasi dan menambah keindahan pasar, maka dengan itu GTP kali ini tanam di pasar Gunung Batu.

“jika dilihat, pasar Gunung Batu ini sangat panas dan gersang, maka dengan itu saya harapkan dengan adanya penanaman pohon ini pasar akan menjadi teduh dan akan menambah suplay oksigen bagi pengunjung pasar. Penanaman pohon ini juga akan menjadi contoh buat pemilik lahan di sepanjang jalan disekitar sini, sehingga jika mengikuti penanaman di halaman ruko nya tentunya sepanjang jalan ini akan menjadi hijau,” jelas Heri.

Heri menjelaskan bahwa, penanaman di pasar ini baru pertama kali dilakukan, karena GTP pernah mencoba berkali kali, namun tidak di respon dengan baik, Alhamdulillah dengan Dirut yang baru ini kita bisa bekerja sama menanam pohon di pasar. “Untuk perawatannya kita serahkan kepada PD PPJ selaku yang mempunyai lokasi,” katanya.

Ditempat yang sama, Dirut PD PPJ, Muzzakir menuturkan bahwa dirinya memandang pohon itu selain memberikan dampak positif juga memberikan kenyamanan bagi pengunjung pasar, sehingga menurut nya di tiap pasar itu harus di tanami pohon.

“Insha allah di 12 pasar di kota Bogor secara bertahap akan kita lakukan penanaman pohon, space nya kita akan cari, biar di lahan parkir kita akan lubangi dan kita tanami pohon,” ungkap Muzzakir.

Bahkan, lanjut Muzzakir, dirinya sudah intruksikan kepada Kepala Unit (kanit) pasar Gunung Batu agar pohon yang di tanam harus di pelihara dan di rawat.

“Nanti akan ada petugas tiap pagi menyiram dan merawat sehingga kedepannya akan memberikan keindahan di pasar ini. Selama ini di 12 pasar belum ada pohon yang di tanami, makanya kita mulai rapikan agar pasar menjadi indah,” ujarnya.

Kepala Unit (Kanit) Pasar Gunung Batu, Iwan Arif Budiman Menyatakan, dirinya sedang menupayakan Pasar Gunung Batu menuju pasar bersih dan sehat juga sedang menunjang program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor simbiosisnya bekerjasama dengan lembaga-lembaga peduli terhadap lingkungan dan diharapkan bisa berdampak kepada keasrian pasar-pasar yang ada di kota Bogor.

“Ketika pasarnya asri, pedagangnya sehat, pengunjungnya nyaman dan kota Bogor pemandangannya jauh lebih teduh dan asri,” bebernya.

Menurut Iwan ada ketentuan-ketentuan untuk menuju pasar sehat dan bersih diantaranya kecukupan area hijau di lingkungan pasar.

“Diatas juga kita sudah pasang pohon dalam pot, kita juga sudah menempatkan empat tempat cuci tangan tanpa air yang tujuannya meminimalisir kuman dipasar agar tidak terbawa ke rumah,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*