Hidupkan Siskamling di Cianjur, Danrem 061/Sk Ajak Aparatur Wilayah Ngariung Bareng

kabar17.com – Guna menghidupkan kembali pos kamling di wilayah Kabupaten Cianjur, sekaligus membangun sinergitas TNI dengan komponen masyarakat, Komandan Korem (danrem) 061/Sk, Kolonel In f Novi Helmy Prasetya menggelar acara ngariung bareng aparatur wilayah, camat, kepala desa, RT dan RW se-Kabupaten Cianjur di Kodim 0608/Cianjur Jl. Siliwangi No. 47 Kelurahan Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Rabu (20/3/19) malam.

Dalam acara ini, danrem menyampaikan keinginannya untuk mengamankan wilayah. Ia menyebutkan, bagaimana caranya agar wilayah bisa aman? Tentunya harus bisa berkorban waktu demi tercapainya cita-cita.

“Saya ingin menghidupkan kembali pos kamling. Kami sudah berjalan mengelilingi pos kamling, mungkin sampai sekarang sudah ada 40 pos yang sudah kami kunjungi. Jangan takut terhadap adanya ancaman-ancaman yang menganggu disekitaran kita. Jajaran Korem dan Kodim siaga 24 jam. Apabila ada Korem atau Kodim yang tidak membantu masyarakat yang mempunyai gangguan atau ancaman segera sampaikan dan laporkan kepada saya,” ucapnya.

Danrem juga mengingatkan, di pos kamling tidak hanya sekedar berjaga saja akan tetapi harus patroli keliling lingkungan sekitar. Karena ancaman teror kali ini, sedang ramai. Maka dari itu apabila ada orang baru yang mencurigakan datang atau masuk ke suatu wilayah perlu dicurigai. Selain itu, apabila ada ajaran sesat segera dilaporkan.

“Kita harus bisa mendeteksi secara dini dan berkoordinasi dengan aparat terkait agar bisa ditindaklanjuti termasuk siaga ancaman bencana alam. Bila perlu kalau memang ada tanda2 datangnya bencana atau hal-hal yang tidak seperti biasanya langsung saja beritahukan kepada yang lainnya dengan cara memukul kentongan agar kita bisa menyiapkan segala sesuatu hal yang diperlukan. Semoga di wilayah jajaran Korem 061/Sk saya pastikan bisa aman. Cianjur aman harmonis damai,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Bupati Kab. Cianjur H. Herman Suherman, Ketua DPRD Kab. Cianjur Yadi Mulyadi, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, Kajari Cianjur Yudhi Syufriadi, dan perwakilan tokoh masyarakat se-Kab. Cianjur.

Sementara itu, Plt. Bupati Kab. Cianjur, Herman Suherman, dalam sambutannya mengatakan, Kab. Cianjur sekarang ini, sudah menjadi salah satu wilayah pilihan objek wisata. Bahkan, sudah ada beberapa wilayah yang ingin studi banding ke alun-alun Kab. Cianjur. Itu menandakan Kab. Cianjur sudah maju.

“Kab. Cianjur banyak sekali objek-objek wisata. Maka dari itu, kita harus bangga jadi warga Kab. Cianjur. Insha Alloh pada saat nanti Pemilu di Kab. Cianjur akan aman,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu perwakilan Ds. Mekarwangi Kec. Cikadu, Kab. Cianjur, Cecep Mukti. Ia mengatakan, masalah keamanan yang berada di wilayah yang merasakan langsung dilapangan adalah RT dan RW .

“Jadi, dalam menghadapi tahun politik kita tetap harus siap menjaga lingkungan. Alhamdulillah di kampung kami aman, tapi kalau bisa disampaikan bagaimana cara mengamankan wilayah dalam menghadapi Pemilu ini,” ujarnya.

Simbolis penggiatan siskamling ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Danrem 061/Sk dan seluruh tamu undangan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*